Sri Eka Yulianti, Ni Putu (2024) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK SISWA KELAS IV SD NO. 7 DALUNG BADUNG TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031059_COVER.pdf Download (643kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031059_ABSTRAK.pdf Download (231kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031059_BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (307kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031059_BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (281kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031059_BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (611kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031059_BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031059_BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (197kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031059_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (198kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031059_LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan karena kurangnya variasi media pembelajaran di Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Multimedia Interaktif berbasis Problem Based Learning yang efektif digunakan khususnya muatan pelajaran Bahasa Indonesia materi Ide Pokok Paragraf kelas IV SD. (1) Berdasarkan rancang bangun, penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan teknik analisis data digunakan analisis deskriptif kuantitatif dan statistik inferensial. Hasil penelitian ini adalah produk Multimedia Interaktif berbasis Problem Based Learning dengan kualitas produk sangat baik dan baik serta efektif digunakan dalam proses pembelajaran. (2) Berdasarkan hasil penilaian menurut ahli isi/materi pelajaran memperoleh skor 97,90% dengan kualifikasi sangat baik, ahli desain instruksional memperoleh skor 97,70% dengan kualifikasi baik, ahli media pembelajaran memperoleh skor 93,70% dengan kualifikasi sangat baik, uji coba perorangan pada 3 siswa memperoleh skor 97,50% dengan kualifikasi sangat baik, dan uji kelompok kecil pada 9 orang siswa memperoleh skor 92,20% dengan kualifikasi sangat baik sehingga produk yang dikembangkan dengan kualitas sangat baik. (3) Berdasarkan uji efektivitas menggunakan 28 siswa memperoleh thitung = 19,70 untuk ttabel = 1,67 dan taraf signifikan 5% = 1,67. Hal ini berarti thitung > ttabel, sehingga H_0 ditolak dan H_1 diterima yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran. Dengan demikian disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis Problem Based Learning efektif digunakan pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Media Pembelajaran, Multimedia Interaktif |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Sri Eka Yulianti |
Date Deposited: | 22 Feb 2024 04:28 |
Last Modified: | 22 Feb 2024 04:28 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19210 |
Actions (login required)
View Item |