Widianita, Ni Kadek Feby (2024) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING MATERI KALIMAT EFEKTIF PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SD NEGERI 1 SESETAN, DENPASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031019-COVER.pdf Download (967kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031019-ABSTRAK.pdf Download (436kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031019-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (551kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031019-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (595kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031019-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031019-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031019-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (256kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031019-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (478kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031019-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) rancang bangun multimedia interaktif berbasis contextual teaching and learning materi kalimat efektif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri 1 Sesetan, (2) validitas multimedia interaktif berbasis contextual teaching and learning materi kalimat efektif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia ditinjau dari isi, desain, media, uji coba perorangan, dan uji coba kelompok kecil kelas IV SD Negeri 1 Sesetan, (3) efektivitas multimedia interaktif berbasis contextual teaching and learning materi kalimat efektif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri 1 Sesetan, Denpasar. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data dilaksanakan melalui metode tes berupa soal pilihan ganda untuk mengetahui hasil belajar siswa terkait materi kalimat efektif. Hasil penelitian pengembangan ini berupa (1) rancang bangun multimedia interaktif berdasarkan hasil penilaian ahli rancang bangun sebesar 93,18%, (2) multimedia interaktif ini dinyatakan layak berdasarkan hasil penilaian ahli isi sebesar 96,87%, penilaian ahli desain sebesar 92,5%, penilaian ahli media pembelajaran sebesar 93,18%, uji coba perorangan sebesar 92,26%, dan uji coba kelompok kecil sebesar 93,85%, (3) berdasarkan uji-t sample dependent diperoleh nilai thitung = 13,894 sedangkan nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% dan dk = (27 – 1) + (27– 1) = 52 diperoleh nilai ttabel = 2,007. Hasil tersebut menunjukkan thitung (13,894) > ttabel (2,007), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis contextual teaching and learning efektif diterapkan dalam pembelajaran materi kalimat efektif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri 1 Sesetan, Denpasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: pengembangan, multimedia interaktif, contextual teaching and learning, kalimat efektif. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Feby Widianita |
Date Deposited: | 22 Feb 2024 00:11 |
Last Modified: | 22 Feb 2024 00:11 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19231 |
Actions (login required)
View Item |