PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SENAM LANTAI DITINJAU DARI KELENTUKAN TUBUH PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 2 PENATIH

Rahayu, Ni Putu Diah Yeni (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SENAM LANTAI DITINJAU DARI KELENTUKAN TUBUH PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 2 PENATIH. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2229121004-COVER.pdf

Download (788kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2229121004-ABSTRAK.pdf

Download (240kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229121004-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (394kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229121004-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (536kB)
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229121004-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (660kB)
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229121004-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (912kB)
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2229121004-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229121004-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (466kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2229121004-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) perbedaan hasil belajar senam lantai antara peserta didik yang mengikuti model PBL dengan yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe STAD, (2) pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan kelentukan tubuh terhadap hasil belajar senam lantai, (3) perbedaan hasil belajar senam lantai antara yang mengikuti model PBL dengan yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada peserta didik yang memiliki kelentukan tubuh tinggi, serta (4) perbedaan hasil belajar senam lantai antara yang mengikuti model PBL dengan yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada peserta didik yang memiliki kelentukan tubuh rendah. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan treatment by level 2x2. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SD 2 Penatih yang berjumlah 88 orang dengan perolehan sampel menggunakan teknik total slamping. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 48 orang peserta didik yang dipilih dengan teknik ordinal pairing. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa hasil belajar senam lantai. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif dan uji ANAVA dua jalur yang dilanjutkan dengan uji Least Significant Difference (LSD) untuk menguji komparasi pasangan nilai rata-rata tiap kelompok perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) terdapat perbedaan hasil belajar senam lantai antara peserta didik yang mengikuti model PBL dengan peserta didik yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe STAD (2) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan kelentukan tubuh terhadap hasil belajar senam lantai peserta didik (3) terdapat perbedaan hasil belajar senam lantai antara peserta didik yang mengikuti model PBL dengan peserta didik yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada peserta didik yang memiliki kelentukan tubuh tinggi,serta (4) perbedaan hasil belajar senam lantai antara peserta didik yang mengikuti model PBL dengan peserta didik yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada peserta didik yang memiliki kelentukan tubuh rendah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: kelentukan tubuh, hasil belajar, senam lantai
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Olahraga (S2)
Depositing User: Ni Putu Diah Yeni Rahayu
Date Deposited: 21 Feb 2024 23:54
Last Modified: 21 Feb 2024 23:54
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19235

Actions (login required)

View Item View Item