PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SENAM LANTAI DITINJAU DARI SELF-EFFICACY PESERTA DIDIK SMP NEGERI 1 MANGGIS

Muliartini, Ni Nyoman (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SENAM LANTAI DITINJAU DARI SELF-EFFICACY PESERTA DIDIK SMP NEGERI 1 MANGGIS. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2229121005-COVER.pdf

Download (727kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2229121005-ABSTRAK.pdf

Download (235kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229121005-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (252kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229121005-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (658kB)
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229121005-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (669kB)
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229121005-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2229121005-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229121005-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (481kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2229121005-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar senam lantai antara peserta didik yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan model pembelajaran PBL, pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan self-efficacy terhadap hasil belajar senam lantai. Selain itu, penelitian ini juga mengevaluasi perbedaan hasil belajar senam lantai antara peserta didik yang memiliki self-efficacy tinggi dan rendah, baik pada model pembelajaran kooperatif tipe NHT maupun PBL. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan rancangan treatment by level 2x2. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 Manggis dengan jumlah 246 orang, sedangkan sampelnya terdiri dari 80 orang peserta didik yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling sederhana. Data hasil belajar senam lantai dikumpulkan melalui tes hasil belajar dan dianalisis menggunakan statistik deskriptif, uji ANAVA dua jalur, dan uji Least Significance Difference (LSD). Penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar antara peserta didik yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan model pembelajaran PBL (sig.0,029<0,05), serta adanya pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan self-efficacy terhadap hasil belajar senam lantai (sig.0,000<0,05). Selain itu, terdapat perbedaan hasil belajar antara peserta didik yang memiliki self-efficacy tinggi (sig.0,000<0,005), dan self-efficacy rendah (sig.0,045<0,05) pada kedua model pembelajaran tersebut. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan model pembelajaran PBL berpengaruh terhadap hasil belajar senam lantai yang ditinjau dari self-efficacy peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: model PBL, NHT, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Olahraga (S2)
Depositing User: Ni Nyoman Muliartini
Date Deposited: 22 Feb 2024 00:12
Last Modified: 22 Feb 2024 00:12
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19251

Actions (login required)

View Item View Item