Muliartini, Ni Nyoman (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SENAM LANTAI DITINJAU DARI SELF-EFFICACY PESERTA DIDIK SMP NEGERI 1 MANGGIS. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2229121005-COVER.pdf Download (727kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2229121005-ABSTRAK.pdf Download (235kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229121005-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (252kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229121005-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (658kB) |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229121005-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (669kB) |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229121005-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2229121005-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (233kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229121005-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (481kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2229121005-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar senam lantai antara peserta didik yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan model pembelajaran PBL, pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan self-efficacy terhadap hasil belajar senam lantai. Selain itu, penelitian ini juga mengevaluasi perbedaan hasil belajar senam lantai antara peserta didik yang memiliki self-efficacy tinggi dan rendah, baik pada model pembelajaran kooperatif tipe NHT maupun PBL. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan rancangan treatment by level 2x2. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 Manggis dengan jumlah 246 orang, sedangkan sampelnya terdiri dari 80 orang peserta didik yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling sederhana. Data hasil belajar senam lantai dikumpulkan melalui tes hasil belajar dan dianalisis menggunakan statistik deskriptif, uji ANAVA dua jalur, dan uji Least Significance Difference (LSD). Penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar antara peserta didik yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan model pembelajaran PBL (sig.0,029<0,05), serta adanya pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan self-efficacy terhadap hasil belajar senam lantai (sig.0,000<0,05). Selain itu, terdapat perbedaan hasil belajar antara peserta didik yang memiliki self-efficacy tinggi (sig.0,000<0,005), dan self-efficacy rendah (sig.0,045<0,05) pada kedua model pembelajaran tersebut. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan model pembelajaran PBL berpengaruh terhadap hasil belajar senam lantai yang ditinjau dari self-efficacy peserta didik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model PBL, NHT, hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Olahraga (S2) |
Depositing User: | Ni Nyoman Muliartini |
Date Deposited: | 22 Feb 2024 00:12 |
Last Modified: | 22 Feb 2024 00:12 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19251 |
Actions (login required)
View Item |