SUHENDRA, I WAYAN (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPAS BERBASIS DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR RANAH KOGNITIF SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
Text (COVER)
2229041058_COVER.pdf Download (776kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2229041058_ABSTRAKpdf.pdf Download (593kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
2229041058_BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (576kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
2229041058_BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (805kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
2229041058_BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229041058_BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
2229041058_BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (422kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTRA PUSTAKA)
2229041058_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (445kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2229041058_LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Suhendra, I Wayan (2024), Pengembangan Bahan Ajar IPAS Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ranah Kognitif Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Tesis, Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I : Prof. Dr. Ida Bagus Putu Arnyana, M.Si dan Pembimbing II : Prof. Dr. I Made Candiasa, M.I.Kom. Kata-kata kunci : bahan ajar IPAS, digital, hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk membuat rancang bangun, validitas, kepraktisan, dan efektivitas dari bahan ajar IPAS berbasis digital dalam upaya meningkatkan hasil belajar ranah kognitif siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE. Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa pada Gugus Ki Hajar Dewantara Denpasar. Pengembangan, bahan ajar ini melalui proses validasi materi dan media dengan menggunakan lembar validasi Learning Object Review Instrument (LORI), uji kepraktisan menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ), dan untuk uji efektivitas menggunakan instrumen tes hasil belajar yang telah diuji secara empiris dengan uji validitas isi, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran. Bahan ajar IPAS digital memanfaatkan googlesite yang diintegrasikan dengan gambar yang diolah menggunakan Canva, gambar Google, Web, Youtube, Liveworksheet, dan Quizizz sebagai variasi konten materi pelajaran. Validitas materi memperoleh skor 4,8 pada kategori sangat tinggi, sedangkan validitas media memperoleh skor 4,5 pada kategori sangat tinggi. Uji kepraktisan bahan ajar pada aspek daya tarik, kejelasan, efesiensi, ketepatan, stimulasi, dan kebaruan memperoleh kategori unggul. Uji efektivitas berdasarkan rata-rata normalitas gain memperoleh skor 0,73 dengan kategori efektivitas tinggi dan uji-t menunjukkan nilai siginifikan 0,000 dengan kesimpulan ada perbedaan anatara pretest dan posttest. Hal ini menunjukkan pengaruh bahan ajar IPAS digital terhadap hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar. Dengan demikian bahan ajar IPAS digital dinyatakan layak dengan pertimbangan valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar pada ranah kognitif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bahan ajar IPAS, digital, hasil belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | I Wayan Suhendra |
Date Deposited: | 22 Feb 2024 00:16 |
Last Modified: | 22 Feb 2024 00:16 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19259 |
Actions (login required)
View Item |