Oktaviani, Ni Komang Ana (2024) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERORIENTASI TANAMAN LOKAL DI KAWASAN ALAS KEDATON TABANAN SEBAGAI BAHAN AJAR PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI UNTUK SISWA KELAS X SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1913041027_COVER.pdf Download (746kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1913041027_ABSTRAK.pdf Download (65kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913041027_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (105kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913041027_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (156kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1913041027_BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (292kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913041027_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (809kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1913041027_BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (50kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913041027_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (134kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1913041027_LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui desain, validitas, dan kepraktisan modul pembelajaran berorientasi tanaman lokal di Kawasan Alas Kedaton sebagai bahan ajar pada materi Keanekaragaman Hayati untuk Siswa Kelas X SMA. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analyze (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Pada penelitian ini dilakukan uji validitas oleh ahli materi dan ahli media serta 3 orang guru biologi di SMA Negeri 1 Selemadeg untuk uji kepraktisan oleh guru, 3 orang siswa untuk uji perorangan dan 12 orang siswa untuk uji coba kelompok kecil. Jenis data dalam penelitian yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan (1) Desain penelitian pengembangan ini menghasilkan modul pembelajaran berorientasi tanaman lokal di Kawasan Alas Kedaton Tabanan sebagai bahan ajar materi Keanekaragaman Hayati untuk siswa kelas X SMA, (2) validitas modul dari segi materi mendapatkan hasil sebesar 62,2% dengan kategori valid, dan dari segi media mendapatkan hasil sebesar 95,3% dengan kategori sangat valid, (3) Berdasarkan uji kepraktisan oleh guru, presentase kepraktisan modul sebesar 82,2%, sehingga termasuk ke dalam kaegori sangat praktis, sedangkan presentase kepraktisan melalui uji perorangan sebesar 89,9%, sehingga termasuk ke dalam kategori sangat praktis, dan presentase kepraktisan melalui uji kelompok kecil sebesar 87,8% , sehingga termasuk ke dalam kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, modul pembelajaran berorientasi tanaman lokal di Kawasan Alas Kedaton Tabanan valid dan sangat praktis untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada materi keanekaragaman hayati kelas X.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | modul, tanaman lokal, alas kedaton, keanekaragaman hayati |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | Ni Komang Ana Oktaviani |
Date Deposited: | 22 Feb 2024 04:27 |
Last Modified: | 22 Feb 2024 04:27 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19317 |
Actions (login required)
View Item |