Sulinggih, Komang Evi Sara (2024) PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN BERBASIS MULTIKULTURAL DALAM MEMUPUK NASIONALISME KELAS IX SMP NEGERI 1 SAWAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2014041022-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2014041022-ABSTRAK.pdf Download (587kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
2014041022-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB II KAJIAN PUSTAKA)
2014041022-BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
2014041022-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (187kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
2014041022-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
2014041022-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (585kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2014041022-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2014041022-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujan untuk menganalisis (1) Proses berlangsungnya Pendidikan Pancasila dan Kewarganegraan berbasis multikultural di SMP Negeri 1 Sawan,(2).Teknik dan Strategi implementasikan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegraan berbasis multikultura dalam memupuk nasionalisme, (3). Hambatan mengimplementasikan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan berbasis multikultural dalam memupuk nasionalisme. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan berupa observasi, wawancara mendalam, studi dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa, guru, kepala sekolah SMP Negeri 1 Sawan. Adapun hasil penelitian ini mununjukan bahwa: (1) Proses Pendidikan Pancasila Kewarganegaraan berbasis multikultural di SMP Negeri 1 sawan sudah berjalan sejak berdirinya sekolah dimana proses pembelajaran yang mengandung muatan multikultural (2) teknik dan srategi implementasikan pendidikan pancasila dan Kewarganegaraan berbasis multikultural dalam memupuk nasionalisme.Strategi yang dapat digunakan dalam mengembangkan pembelajaran multikultural, antara lain dapat melalui penggunaan strategi kegiatan belajar bersama-sama,yang dalam pelaksanaannya kemudian dipadukan dengan menggunakan strategi pencapaian konsep, strategi analisis nilai, dan strategi analisis sosial.(3) Hambatan mengimplementasikan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan berbasis multikultural dalam memupuk nasionalisme adalah guru yang belum dapat mengintegrasikan budaya lokal dalam mata pelajaran yang diajarkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PPKn , Pendidikan Multikultural, Nasionalisme |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan > Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan (S1) |
Depositing User: | Komang Evi Sara Sulinggih |
Date Deposited: | 22 Feb 2024 05:30 |
Last Modified: | 22 Feb 2024 05:30 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19318 |
Actions (login required)
View Item |