PENGARUH PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Devi, Ni Luh Heppy Yesiana (2024) PENGARUH PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2229041032-COVER.pdf

Download (540kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2229041032-ABSTRAK.pdf

Download (77kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229041032-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (95kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229041032-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229041032-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (395kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229041032-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (331kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2229041032-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229041032-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (82kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2229041032-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis perbedaan motivasi dan hasil belajar Bahasa Indonesia antara siswa yang mengikuti pembelajaran Project Based Learning dengan siswa yang mengikuti Pembelajaran Konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD di Desa Berangbang yang berjumlah 102 siswa. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Sampel yang diambil adalah 4 kelas yaitu, 2 kelas sebagai kelas eksperimen dan 2 kelas sebagai kelas kontrol dengan jumlah 80 siswa. Penelitian ini dirancang dalam bentuk penelitian eksperimen posttest only, non equivalent control group design. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data motivasi dan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV sekolah dasar. Data motivasi belajar diperoleh dari kuesioner motivasi belajar yang telah melalui uji validitas isi, uji konsistensi internal, serta uji reliabilitas butir berjumlah 30 pernyataan. Data hasil belajar diperoleh dari tes pilihan ganda yang telah melalui uji validitas isi, uji validitas butir, uji reliabilitas, uji daya beda dan tingkat kesukaran tes berjumlah 30 butir. Untuk menguji perbedaan motivasi dan hasil belajar secara bersama-sama data dianalisis dengan menggunakan Uji Manova, dengan sebelumnya data telah memenuhi uji prasyarat, meliputi uji normalitas dan uji homogenitas. Untuk menguji perbedaan motivasi dan hasil belajar secara terpisah data dianalisis dengan Uji Anava Satu Jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan motivasi dan hasil belajar Bahasa Indonesia antara siswa yang mengikuti Project Based Learning dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional dengan koefisien F = 3725,470 (p<0,05). (2) terdapat perbedaan motivasi belajar antara siswa yang mengikuti pembelajaran Project Based Learning dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional dengan koefisien F=32,908 (p<0,05). (3) terdapat perbedaan hasil belajar Bahasa Indonesia antara siswa yang mengikuti pembelajaran Project Based Learning dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional dengan koefisien F=23,649 (p<0,05). Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan, bahwa terdapat perbedaan yang signifikan motivasi dan hasil belajar Bahasa Indonesia antara siswa yang mengikuti pembelajaran Project Based Learning dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV sekolah dasar di Desa Berangbang baik secara simultan maupun secara terpisah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning, PjBL, motivasi belajar, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Ni Luh Heppy Yesiana Devi
Date Deposited: 22 Feb 2024 06:13
Last Modified: 22 Feb 2024 06:13
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19332

Actions (login required)

View Item View Item