PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS POWTOON PADA MATERI RANGKAIAN LISTRIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR

Pradika Utama, I Komang (2024) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS POWTOON PADA MATERI RANGKAIAN LISTRIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2229041050-COVER.pdf

Download (476kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2229041050-ABSTRAK.pdf

Download (29kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229041050-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (151kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229041050-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229041050-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (730kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229041050-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2229041050-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229041050-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (127kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2229041050-LAMPIRAN.pdf

Download (27MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video pembelajaran berbasis Powtoon yang valid, praktis dan efektiv untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE yaitu, (1) analyze, (2) design, (3) development, (4) implementation, dan (5) evaluation. Media yang dikembangkan berdasarkan materi rangkaian listrik pada buku ajar siswa yang memuat audio, animasi bergerak, visual dan background sehingga membentuk sebuah video yang berdurasi 8-15 menit. Adapun metode pengumpulan data pada uji validitas menggunakan angket respon LORI yang diisi oleh 2 ahli materi diperoleh nilai rata-rata 4,50 dan nilai rata-rata 4,44 dari 2 orang ahli media dengan kriteria sangat valid. Selanjutnya, metode pengumpulan data pada uji kepraktisan menggunakan metode UEQ yang terdapat 26 butir respon yang diisi oleh 4 orang guru dan 20 orang siswa SD Negeri 5 Melaya hasil excellent berdasarkan katagori kepraktisan. Metode analisis data pada pengujian efektifitas dilakukan dengan cara mengumpulkan hasil pretetst-posttest yang diberikan oleh 20 orang siswa kelas VI dengan pengujian menggunakan hasil uji N-Gain yang menunjukkan rata-rata nilai N-Gain hasil belajar siswa 0,71 dengan kriteria nilai N-Gain tersebut ke dalam kriteria efektif. Dari hasil yang diperoleh, maka media video pembelajaran berbasis Powtoon valid, praktis dan efektif digunakan di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, Video berbasis Powtoon, Rangkaian listrik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: I Komang Pradika Utama
Date Deposited: 22 Feb 2024 06:45
Last Modified: 22 Feb 2024 06:45
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19338

Actions (login required)

View Item View Item