Pradika Utama, I Komang (2024) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS POWTOON PADA MATERI RANGKAIAN LISTRIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2229041050-COVER.pdf Download (476kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2229041050-ABSTRAK.pdf Download (29kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229041050-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (151kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229041050-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (233kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229041050-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (730kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229041050-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2229041050-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (37kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229041050-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (127kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2229041050-LAMPIRAN.pdf Download (27MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video pembelajaran berbasis Powtoon yang valid, praktis dan efektiv untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE yaitu, (1) analyze, (2) design, (3) development, (4) implementation, dan (5) evaluation. Media yang dikembangkan berdasarkan materi rangkaian listrik pada buku ajar siswa yang memuat audio, animasi bergerak, visual dan background sehingga membentuk sebuah video yang berdurasi 8-15 menit. Adapun metode pengumpulan data pada uji validitas menggunakan angket respon LORI yang diisi oleh 2 ahli materi diperoleh nilai rata-rata 4,50 dan nilai rata-rata 4,44 dari 2 orang ahli media dengan kriteria sangat valid. Selanjutnya, metode pengumpulan data pada uji kepraktisan menggunakan metode UEQ yang terdapat 26 butir respon yang diisi oleh 4 orang guru dan 20 orang siswa SD Negeri 5 Melaya hasil excellent berdasarkan katagori kepraktisan. Metode analisis data pada pengujian efektifitas dilakukan dengan cara mengumpulkan hasil pretetst-posttest yang diberikan oleh 20 orang siswa kelas VI dengan pengujian menggunakan hasil uji N-Gain yang menunjukkan rata-rata nilai N-Gain hasil belajar siswa 0,71 dengan kriteria nilai N-Gain tersebut ke dalam kriteria efektif. Dari hasil yang diperoleh, maka media video pembelajaran berbasis Powtoon valid, praktis dan efektif digunakan di sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran, Video berbasis Powtoon, Rangkaian listrik |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | I Komang Pradika Utama |
Date Deposited: | 22 Feb 2024 06:45 |
Last Modified: | 22 Feb 2024 06:45 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19338 |
Actions (login required)
View Item |