PERAN GURU TERHADAP INTERNALISASI NILAI – NILAI PANCASILA DALAM MEMBENTUK NILAI KARAKTER DISIPLIN DAN DEMOKRATIS SISWA DI SMP NEGERI 6 SINGARAJA

Leony, Luh (2024) PERAN GURU TERHADAP INTERNALISASI NILAI – NILAI PANCASILA DALAM MEMBENTUK NILAI KARAKTER DISIPLIN DAN DEMOKRATIS SISWA DI SMP NEGERI 6 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2014041016_COVER NEW.pdf

Download (615kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2014041016_ABSTRAK.pdf

Download (160kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
2014041016_BAB 1 Pendahuluan.pdf

Download (271kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
2014041016_BAB 2 Kajian Teori.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODE PENELITIAN)
2014041016_BAB 3 Metode Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
2014041016_BAB 4 Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (607kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
2014041016_BAB 5 Penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2014041016_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (137kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2014041016_Lampiran.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru terhadap internalisasikan nilai – nilai Pancasila dalam membentuk nilai karakter disiplin dan demokratis siswa di SMP Negeri 6 Singaraja. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian lapangan yang bersifat deskriptif analitik. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, studi ustaka, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah para guru serta peserta didik SMP Negeri 6 Singaraja. Data yang dikumpulkan dengan memberikan kuisioner dan melakukan observasi dan wawancara kepada para guru dengan menggunakan teknik snowball sampling, yang dimana mula – mula berjumlah kecil, kemudian membesar dalam penentuan sampel, serta melakukan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran guru terhadap internalisasi nilai – nilai Pancasila kepada peserta didik tidak terinternalisasikan dengan baik, ini disebabkan karena terbatas ruang dan waktu, masa peralihan peserta didik dari jenjang sebelumnya yang cenderung bersifat ke kanak – kanakan dan belum mampu memahami banyak hal. Selain itu kemajuan teknologi juga menyebabkan peserta didik menjadi malas untuk belajar, serta kurangnya didikan dan pengawasan orang tua dalam pergaulan anak sehingga proses internalisasi tidak berjalan dengan maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peran, Pancasila, Karakter
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan > Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan (S1)
Depositing User: Ni Luh Gede Leony Risdayanti
Date Deposited: 22 Feb 2024 09:05
Last Modified: 22 Feb 2024 09:05
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19339

Actions (login required)

View Item View Item