PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GAME BASED LEARNING BERORIENTASI KAHOOT TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS IV KECAMATAN BANJAR

Pitriani, Ni Wayan (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GAME BASED LEARNING BERORIENTASI KAHOOT TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS IV KECAMATAN BANJAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2229041046-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2229041046-ABSTRAK.pdf

Download (107kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229041046-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (220kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229041046-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (793kB)
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229041046-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (538kB)
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229041046-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (577kB)
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2229041046-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229041046-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (247kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2229041046-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perngaruh model pembelajaran game based Learning berorientasi Kahoot terhadap motivasi dan hasil belajar bahasa Inggris baik secara simultan maupun sendiri-sendiri. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V Gugus IV Kecamatan Banjar sebanyak 142 siswa. Penelitian ini tergolong jenis kuasi eksperimen dengan rancangan post-test only control group design. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Kelompok eksperimen adalah siswa kelas V SDN 1 Banjar yang terdiri dari 28 orang, sedangkan kelompok kontrol adalah siswa kelas V SDN 9 Banjar yang berjumlah 26 orang. Data pada penelitian ini adalah angket untuk Motivasi belajar dan tes untuk Hasil Belajar Bahasa Ingris yang dianalisis dengan menggunakan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama terdapat pengaruh model pembelajaran game based learning berorientasi Kahoot terhadap motivasi belajar siswa. Kedua tidak terdapat pengaruh model pembelajaran game based learning berorientasi Kahoot terhadap hasil belajar Bahasa Inggris siswa dan ketiga terdapat pengaruh model game based learning berorientasi Kahoot terhadap motivasi dan hasil belajar Bahasa Inggris siswa kelas V Gugus IV Kecamatan Banjar. Berdasarkan temuan tersebut, saran yang dapat disampakan peneliti, terhadap guru adalah memanfaatkan fasilitas sekolah yang sudah disediakan dan menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa termasuk menggunakan model pembelajaran game based learning berorientasi kahoot untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Game Based Learning, Kahoot, Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Bahasa Inggris
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Ni Wayan Pitriani
Date Deposited: 22 Feb 2024 23:44
Last Modified: 22 Feb 2024 23:44
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19385

Actions (login required)

View Item View Item