Apsari, Kadek Widia (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY MUATAN IPAS MATERI SISTEM PENGLIHATAN MANUSIA KELAS V SD NEGERI 3 PEGUYANGAN TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031259-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031259-ABSTRAK.pdf Download (649kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031259-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (601kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031259-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (859kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031259-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (952kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031259-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031259-BAB 5 PENUTUP.pdf Download (579kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031259-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (581kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031259-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun, kelayakan produk, dan efektivitas dari media pembelajaran berbasis augmented reality muatan IPAS materi sistem penglihatan manusia pada siswa kelas V SD Negeri 3 Peguyangan tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan mengadaptasi model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, kuesioner,dan tes. Hasil penelitian ini berupa: (1) rancang bangun media pembelajaran berbasis augmented reality berbentuk media elektronik yang dikembangkan dengan model ADDIE; (2) media pembelajaran berbasis augmented reality dinyatakan layak berdasarkan hasil penilaian ahli rancang bangun dengan persentase sebesar 90,00%, penilaian ahli isi pembelajaran dengan persentase sebesar 88,00%, penilaian ahli desain instruksional dengan persentase sebesar 95,00%, penilaian ahli media pembelajaran dengan persentase sebesar 96,36%, hasil uji coba perorangan dengan persentase sebesar 96,18%, dan hasil uji coba kelompok kecil dengan persentase sebesar 95,23%; (3) berdasarkan hasil analisis pretest dan posttest (uji-t sample dependent) memperoleh hasil thitung 7,81 sedangkan ttabel dengan dk = (n-1) = 24 pada taraf signifikansi 5% adalah 1,711 sehingga thitung > ttabel yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis augmented reality efektif digunakan pada pembelajaran muatan IPAS materi sistem penglihatan manusia pada siswa kelas V SD Negeri 3 Peguyangan tahun ajaran 2023/2024.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: media pembelajaran, augmented reality, ADDIE. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Kadek Widia Apsari |
Date Deposited: | 23 Feb 2024 00:15 |
Last Modified: | 23 Feb 2024 00:15 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19386 |
Actions (login required)
View Item |