PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY MUATAN IPAS MATERI SISTEM PENGLIHATAN MANUSIA KELAS V SD NEGERI 3 PEGUYANGAN TAHUN AJARAN 2023/2024

Apsari, Kadek Widia (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY MUATAN IPAS MATERI SISTEM PENGLIHATAN MANUSIA KELAS V SD NEGERI 3 PEGUYANGAN TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031259-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031259-ABSTRAK.pdf

Download (649kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031259-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (601kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031259-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (859kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031259-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (952kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031259-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031259-BAB 5 PENUTUP.pdf

Download (579kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031259-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (581kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031259-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun, kelayakan produk, dan efektivitas dari media pembelajaran berbasis augmented reality muatan IPAS materi sistem penglihatan manusia pada siswa kelas V SD Negeri 3 Peguyangan tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan mengadaptasi model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, kuesioner,dan tes. Hasil penelitian ini berupa: (1) rancang bangun media pembelajaran berbasis augmented reality berbentuk media elektronik yang dikembangkan dengan model ADDIE; (2) media pembelajaran berbasis augmented reality dinyatakan layak berdasarkan hasil penilaian ahli rancang bangun dengan persentase sebesar 90,00%, penilaian ahli isi pembelajaran dengan persentase sebesar 88,00%, penilaian ahli desain instruksional dengan persentase sebesar 95,00%, penilaian ahli media pembelajaran dengan persentase sebesar 96,36%, hasil uji coba perorangan dengan persentase sebesar 96,18%, dan hasil uji coba kelompok kecil dengan persentase sebesar 95,23%; (3) berdasarkan hasil analisis pretest dan posttest (uji-t sample dependent) memperoleh hasil thitung 7,81 sedangkan ttabel dengan dk = (n-1) = 24 pada taraf signifikansi 5% adalah 1,711 sehingga thitung > ttabel yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis augmented reality efektif digunakan pada pembelajaran muatan IPAS materi sistem penglihatan manusia pada siswa kelas V SD Negeri 3 Peguyangan tahun ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: media pembelajaran, augmented reality, ADDIE.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Kadek Widia Apsari
Date Deposited: 23 Feb 2024 00:15
Last Modified: 23 Feb 2024 00:15
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19386

Actions (login required)

View Item View Item