PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN TECHNOLOGICAL, PEDAGOGICAL, AND CONTENT KNOWLEDGE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP/MTS

Keviana, Putu Reggy (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN TECHNOLOGICAL, PEDAGOGICAL, AND CONTENT KNOWLEDGE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP/MTS. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1913073001-COVER.pdf

Download (501kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1913073001-ABSTRAK.pdf

Download (56kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913073001-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (157kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913073001-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913073001-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913073001-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1913073001-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913073001-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (263kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1913073001-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan mendeskripsikan dan menjelaskan perbedaan hasil belajar antara siswa yang dibelajarkan melalui penggunaan model Problem Based Learning (PBL) melalui pendekatan Technological, Pedagogical, And Content Knowledge (TPACK) dan siswa yang dibelajarkan menggunakan model Direct Instruction (DI). Model DI menekankan pengajaran yang terstruktur dan terarah. Sebaliknya, PBL dengan pendekatan TPACK menekankan integrasi teknologi, pengetahuan pedagogis, dan pengetahuan konten untuk memfasilitasi pembelajaran yang berbasis masalah dan interaktif. Metodologi penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dengan desain penelitian kuasi eksperimen. Desain penelitian: pretest-posttest non-equivalent control group design. Sampel penelitian didapat melalui populasi dengan metode cluster random sampling. Jumlah sampel yang digunakan tercatat 45 siswa yang terdistribusi ke dalam dua kelas yakni kelas VIII A (23 siswa) dan VIII B (22 siswa) SMP Negeri 4 Susut. Data hasil belajar siswa didapat melalui hasil pretest dan posttest siswa yang dianalisis mempergunakan analisis statistik inferensial. Semua pengujian hipotesis dilakukan dengan taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji normalitas dan homogenitas untuk kedua kelompok > 0,05. Dengan demikian, data N-Gain score dinyatakan terdistribusikan normal dan mempunyai varians data yang homogen. Selanjutnya, uji-t hasil belajar siswa antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan hasil perhitungan taraf signifikansi uji-t yaitu 0,000. Dengan demikian, data N-Gain score < 0,05, demikian ditolaknya H0 dan Ha diterima demikian bisa diambil simpulan bahwasanya tersedia perbedaan hasil belajar antara siswa yang dibelajarkan melalui penggunaan model PBL melalui pendekatan TPACK dan siswa yang dibelajarkan dengan penggunaan model DI.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model PBL, model DI, TPACK, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1)
Depositing User: Putu Reggy Keviana
Date Deposited: 22 Feb 2024 16:48
Last Modified: 22 Feb 2024 16:48
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19388

Actions (login required)

View Item View Item