PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SQ3R BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD GUGUS 4 DAJAN PEKEN KECAMATAN TABANAN TAHUN AJARAN 2023/2024.

Maharani, Ni Putu SIlvira (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SQ3R BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD GUGUS 4 DAJAN PEKEN KECAMATAN TABANAN TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031158-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031158-ABSTRAK.pdf

Download (257kB)
[img] Text (BAB 1 PENDHAULUAN)
2011031158-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (399kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031158-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031158-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031158-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (916kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031158-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031158-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (375kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031158-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Pelaksanaan dari riset ini telah memiliki maksud atau tujuan guna dipakai oleh pihak peneliti mengetahui perolehan hasil belajar bahasa Indonesia yang digunakan dalam proses pembelajaran maupun yang tanpadigunakan dalam proses pembelajaran dengan cara memakai model pembelajaran SQ3R dengan berbantuan media wordwall yang dilakukan pada para peserta didik serta pengaruh yang arahnya menuju signifikan pada pengimplementasian model pembelajaran SQ3R dengan memakai berbantuan media wordwall yang dilakukan pada para peserta didik. Dalam riset ini, maka dipakailah jenis riset dengan metode kuantitatif dengan memilih desain eksperimen semu dan juga memakai rancangan Non-equivalent Control Group Design. Riset ini diadakan secara langsung di kelas V Gugus 4 Dajan Peken Kec.Tabanan Tahun Ajaran 2023/2024 telah berhasil mencakup adanya 14 kelas yang ditemukan pada 4 sekolah dengan banyaknya data peserta didik ialah mencapai 449 siswa yang akan dimasukkan untuk menjadi populasi riset ini. Dalam melakukan pengambilan data sampel, maka mempergunkan teknik Cluster Random Sampling dengan komposisi sampel yang ada di kelas VA SD Negeri 1 Dajan Peken sebagai kelompok eksperimen (34 orang siswa) dan kelas V SD Negeri 8 Dajan Peken sebagai kelompok kontrol (28 orang siswa). Proses pengumpulan data dalam ruset ini memakai tes objektif. Perhitungan Anakova berhasil memperoleh hasil dengan angka mencapai Fhitung = 21,3 > Ftabel = 2,37, maka H0 tampak keputusan ditolak dan H1 tampak keputusan diterima. Hasil riset ini berhasil menunjukkan telah ditemukan adanya ketidaksamaan yang secara signifikan yang terjadi pada perolehan hasil belajar Bahasa Indonesia yang ada di kelompok siswa yang digunakan dalam proses pembelajaran maupun yang tanpa digunakan dalam proses pembelajaran dengan cara memakai model pembelajaran SQ3R berbantuan media Wordwall.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: model pembelajaran SQ3R, media wordwall, hasil belajar Bahasa Indonesia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Putu Silvira Maharani
Date Deposited: 23 Feb 2024 07:46
Last Modified: 23 Feb 2024 07:46
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19431

Actions (login required)

View Item View Item