Dewi, Komang Sujara (2024) PENGEMBANGAN E-LKPD INTERAKTIF BERBASIS MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE MUATAN IPAS KELAS IV MATERI NORMA DALAM ADAT ISTIADAT DAERAHKU DI SD NEGERI 2 BUKIAN TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031055-COVER.pdf Download (839kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031055-ABSTRAK.pdf Download (69kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031055-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (202kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031055-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (302kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
2011031055-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (660kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031055-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031055-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (142kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031055-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (233kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031055-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-LKPD interaktif berbasis model example non example pada muatan pelajaran IPAS materi norma dalam adat istiadat daerahku kelas IV SD. Penelitian ini tergolong kedalam jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini yakni ahli materi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, ahli bahasa, serta 37 siswa kelas IV SD. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, kuesioner, dan tes objektif tipe pilihan ganda. Data yang diperoleh dalam penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan analisis statistik inferensial (uji-t). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ahli materi pembelajaran memperoleh hasil 90% (sangat baik), ahli desain pembelajaran 97,50% (sangat baik), ahli media pembelajaran 95% (sangat baik), ahli bahasa 97,50% (sangat baik), uji peorangan 94,17% (sangat baik), dan uji kelompok kecil 93,67% (sangat baik), serta hasil uji efektivitas produk memperoleh thitung = 4,629 > ttabel = 1,688 pada taraf signifikansi 5% untuk df = 36 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat perbedaan hasil belajar siswa setelah menerapkan E-LKPD interaktif berbasis model example non example. Disimpulkan bahwa E-LKPD interaktif berbasis model example non example layak dan efektif diterapkan pada muatan pelajaran IPAS, khususnya pada materi norma dalam adat istiadat daerahku.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: E-LKPD, Example Non Example, IPAS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Komang Sujara Dewi |
Date Deposited: | 24 Feb 2024 03:33 |
Last Modified: | 24 Feb 2024 03:33 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19439 |
Actions (login required)
View Item |