Savitri, Ni Wayan Meilyana Ari (2024) PENGARUH PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN KOMIK DIGITAL TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS V SD GUGUS SRIKANDI TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031103-COVER.pdf Download (740kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031103-ABSTRAK.pdf Download (244kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031103-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (386kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031103-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (411kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031103-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (675kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031103-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (550kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031103-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (251kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031103-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (482kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031103-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Komik Digital Siswa Kelas V SD Gugus Srikandi Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini sebanyak 609 seluruh siswa kelas V SD Gugus Srikandi Denpasar. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling dan diperoleh sampel yaitu siswa kelas V B SD Negeri 1 Sumerta sebagai kelompok eksperimen sebanyak 30 orang dan siswa kelas VA SD Negeri 13 Kesiman sebagai kelompok kontrol dengan jumlah siswa 30 orang. Metode pengumpulan data menggunakan tes objektif pilihan ganda dengan empat pilihan jawaban (a, b, c, d). Data hasil penelitian dianaisis dengan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial (uji-t) polled varians. Hasil analisis data diperoleh bahwa ratarata skor pre-test kelompok eksperimen 13,967 yang berada pada kategori rendah, dan rata-rata pre-test pada kelompok kontrol 15,400 yang berada pada kategori rendah. Rata-rata post-test kelompok eksperimen 24,433 yang berada pada kategori tinggi, sedangkan rata-rata post-test kelompok kontrol 19,300 yang berada pada kategori rendah. Hasil analisis uji-t diperoleh t-hitung = 2,109 dan t-tabel pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 58 adalah 2,002. Hal ini menunjukkan bahwa t-hitung lebih dari t-tabel (2,109 > 2,002) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Komik Digital terhadap kompetensi pengetahuan IPA pada siswa kelas V SD Gugus Srikandi Tahun Ajaran 2023/2024.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Project Based Learning, Komik Digital, Kompetensi Pengetahuan IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni wayan meilyana ari savitri |
Date Deposited: | 24 Feb 2024 08:05 |
Last Modified: | 24 Feb 2024 08:05 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19450 |
Actions (login required)
View Item |