PENGEMBANGAN BUKU CERITA AUGMENTED REALITY BUDAYA BALIKU UNTUK MENINGKATKAN LITERASI BUDAYA SISWA KELAS IV SD PADA MATERI INDONESIAKU KAYA BUDAYA

Susanti, Kadek Lina (2024) PENGEMBANGAN BUKU CERITA AUGMENTED REALITY BUDAYA BALIKU UNTUK MENINGKATKAN LITERASI BUDAYA SISWA KELAS IV SD PADA MATERI INDONESIAKU KAYA BUDAYA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031214_COVER1.pdf

Download (386kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031214_ABSTRAK.pdf

Download (216kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031214_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (282kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031214_KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (501kB) | Request a copy
[img] Text (METODELOGI PENELITIAN)
2011031214_BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (570kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031214_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031214_BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031214_DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (276kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031214_LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku cerita “Augmented Reality Budaya Baliku” untuk meningkatkan kemampuan literasi budaya siswa kelas IV SD yang teruji validitas, kepraktisan, dan keefektivannya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan metode non-tes, rating scale, dan kuesioner/angket. Hasil penelitian pengembangan ini berupa (1) buku cerita Augmented Reality Budaya Baliku dalam bentuk cetak yang memuat konten budaya lokal Bali dan memuat teknologi AR pada bagian peta pulau Bali (2) buku cerita Augmented Reality Budaya Baliku dinyatakan layak berdasarkan hasil penilaian uji ahli media pembelajaran sebesar 0,98 dengan kualifikasi sangat baik, dan uji ahli isi/materi pembelajaran sebesar 0,97 dengan kualifikasi sangat baik (3) buku cerita Augmented Reality Budaya Baliku dinyatakan praktis berdasarkan hasil penilaian uji coba oleh pengguna, dengan rincian hasil uji coba oleh guru sebesar 90% (sangat baik) dan hasil uji coba oleh siswa sebesar 90,78% (sangat baik), dan (4) efektivitas penggunaan buku cerita Augmented Reality Budaya Baliku pada materi Indonesiaku Kaya Budaya mampu meningkatkan kemampuan literasi budaya siswa kelas IV SD Negeri 1 Pangkungparuk. Berdasarkan nilai uji-t sebesar 0,00. Hasil tersebut menunjukan bahwa nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (taraf signifikansi 5%).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: buku cerita, Augmented Reality, literasi budaya
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ketut Lina Susanti
Date Deposited: 01 Mar 2024 07:19
Last Modified: 01 Mar 2024 07:19
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19474

Actions (login required)

View Item View Item