Susanti, Kadek Lina (2024) PENGEMBANGAN BUKU CERITA AUGMENTED REALITY BUDAYA BALIKU UNTUK MENINGKATKAN LITERASI BUDAYA SISWA KELAS IV SD PADA MATERI INDONESIAKU KAYA BUDAYA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031214_COVER1.pdf Download (386kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031214_ABSTRAK.pdf Download (216kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031214_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (282kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031214_KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (501kB) | Request a copy |
|
Text (METODELOGI PENELITIAN)
2011031214_BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (570kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031214_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031214_BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031214_DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (276kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031214_LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku cerita “Augmented Reality Budaya Baliku” untuk meningkatkan kemampuan literasi budaya siswa kelas IV SD yang teruji validitas, kepraktisan, dan keefektivannya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan metode non-tes, rating scale, dan kuesioner/angket. Hasil penelitian pengembangan ini berupa (1) buku cerita Augmented Reality Budaya Baliku dalam bentuk cetak yang memuat konten budaya lokal Bali dan memuat teknologi AR pada bagian peta pulau Bali (2) buku cerita Augmented Reality Budaya Baliku dinyatakan layak berdasarkan hasil penilaian uji ahli media pembelajaran sebesar 0,98 dengan kualifikasi sangat baik, dan uji ahli isi/materi pembelajaran sebesar 0,97 dengan kualifikasi sangat baik (3) buku cerita Augmented Reality Budaya Baliku dinyatakan praktis berdasarkan hasil penilaian uji coba oleh pengguna, dengan rincian hasil uji coba oleh guru sebesar 90% (sangat baik) dan hasil uji coba oleh siswa sebesar 90,78% (sangat baik), dan (4) efektivitas penggunaan buku cerita Augmented Reality Budaya Baliku pada materi Indonesiaku Kaya Budaya mampu meningkatkan kemampuan literasi budaya siswa kelas IV SD Negeri 1 Pangkungparuk. Berdasarkan nilai uji-t sebesar 0,00. Hasil tersebut menunjukan bahwa nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (taraf signifikansi 5%).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | buku cerita, Augmented Reality, literasi budaya |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ketut Lina Susanti |
Date Deposited: | 01 Mar 2024 07:19 |
Last Modified: | 01 Mar 2024 07:19 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19474 |
Actions (login required)
View Item |