Trijayanti, Ni Luh Nyoman Aristy (2024) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK MATA PELAJARAN IPAS MATERI KEKAYAAN BUDAYA INDONESIA KELAS IV SD NEGERI 22 DAUH PURI DENPASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031099-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031099-ABSTRAK.pdf Download (226kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031099-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (261kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031099-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (455kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031099-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (710kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031099-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031099-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (364kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031099-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (484kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031099-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) rancang bangun, (2) validitas isi, desain, media, uji perorangan, dan uji kelompok kecil serta (3) efektivitas media video pembelajaran berbasis proyek mata pelajaran IPAS materi kekayaan budaya Indonesia. Subjek uji coba penelitian ini yakni ahli materi/isi, ahli desain, dan ahli media pembelajaran serta 28 orang siswa kelas IV SD Negeri 22 Dauh Puri. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan analisis statistik inferensial uji-t. Hasil penelitian ini yaitu: (1) hasil uji rancang bangun diperoleh skor 90,90% dengan kualifikasi sangat baik, (2) hasil uji ahli dan uji pengguna diperoleh sebagai berikut. (a) hasil uji ahli isi media diperoleh skor 100% dengan kualifikasi sangat baik, (b) hasil uji ahli desain diperoleh skor 97,22% dengan kualifikasi sangat baik, (c) hasil uji ahli media pembelajaran diperoleh skor 100% dengan kualifikasi sangat baik, (d) hasil uji coba perseorangan diperoleh skor 94,45% dengan kualifikasi sangat baik, dan (e) hasil uji coba kelompok kecil diperoleh skor 91,20% dengan kualifikasi sangat baik; (3) hasil efektivitas produk diperoleh dari uji statistik uji-t yakni t-hitung = 12,179 untuk db = 27 dan taraf signifikansi 5% diperoleh angka t-tabel = 1,703. Jadi thitung > ttabel, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah menggunakan media. Dengan demikian dapat disimpulkan media video pembelajaran berbasis proyek efektif digunakan pada pembelajaran materi kekayaan budaya Indonesia kelas IV SD Negeri 22 Dauh Puri Denpasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata-kata kunci: video pembelajaran, proyek, IPAS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Luh Nyoman Aristy Trijayanti |
Date Deposited: | 08 Mar 2024 02:18 |
Last Modified: | 08 Mar 2024 02:18 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19507 |
Actions (login required)
View Item |