Mawardi, Made Pramana Bayu (2024) PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DAN IMPLIKASINYA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI SMA DI KOTA SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1914031015-COVER.pdf Download (549kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1914031015-ABSTRAK.pdf Download (179kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1914031015-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (210kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1914031015-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (570kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1914031015-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (625kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1914031015-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (572kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUPAN)
1914031015-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (152kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1914031015-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (302kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1914031015-LAMPIRAN.pdf Download (991kB) |
Abstract
Kurikulum Merdeka Belajar telah diterapkan secara resmi sebagai upaya meningkatkan fleksibelitas dan relevansi pembelajaran ditingkat pendidikan. Penelitian ini bertujuan: (1) menganalisis penerapan kurikulum merdeka belajar SMAN Negeri di Kota Singaraja (2) menganalisis implikasi penerapan kurikulum merdeka belajar terhadap minat belajar siswa (3) menganalisis upaya guru dalam mengatasi kendala penerapan kurikulum merdeka belajar. Berkenaan dengan itu, penelitian didesain sebagai penelitian deskriftif dengan mengambil lokasi di Kota Singaraja. Pengambilan sampelnya Multistage Random Sampling yang selanjutnya danalisis secara deskriptif kualitatif Hasil penelitian menunjukkan: (1) Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar pada SMA Negeri di kota Singaraja berfariasi dari kriteria Timggi (70-84) sampai Sangat Tinggi ( 85-100). (2) Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi untuk SMA Negeri di kota Singaraja dengan di terapkannya kurikulum merdeka belajar ada pada kriteria “Biasa Saja”(55-69) (3) Kendala yang dihadapi guru dalam menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar pada Perencanaan dan Penerapan Pembelajaran. terkendala dalam (informasi kurikulum merdeka belajar dan menyusunan Modul Ajar). Kendala Pelaksanaan Pembelajaran ( penegenalan karakristik dan materi pelajaran yang ada dibuku pegangan siswa terdapat materi yang kurang lengkap dan terdapat fasilitas sekolah seperti proyektor yang rusak) ,permasalahan tersebut mampu teratasi dengan mengikuti pelatiahan dan saling membantu antar rekan guru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum Merdeka Belajar, Minat Belajar Geografi Siswa, Kendala Kurikulum Merdeka Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LT Textbooks |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Geografi > Program Studi Pendidikan Geografi (S1) |
Depositing User: | Made Pramana Bayu Mawardi |
Date Deposited: | 15 Mar 2024 04:35 |
Last Modified: | 15 Mar 2024 04:35 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19523 |
Actions (login required)
View Item |