Ripana, Dedi (2024) KONTRIBUSI PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA PRAKTIKUM PEMESINAN SISWA KELAS XI TEKNIK PEMESINAN DI SMK ONDAK JAYA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1715071011_COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1715071011_ABSTRAK.pdf Download (728kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1715071011_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (686kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1715071011_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (729kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1715071011_BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (814kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1715071011_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (838kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1715071011_BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (680kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1715071011_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (714kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1715071011_LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
KONTRIBUSI PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA PRAKTIKUM PEMESINAN SISWA KELAS XI TEKNIK PEMESINAN DI SMK ONDAK JAYA Oleh Dedi Ripana, NIM 1715071011 Program studi Pendidikan Teknik mesin ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, Kontribusi Pendidikan Karakter Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Pada Praktikum Pemesinan Siswa Kelas XI Teknik Pemesinan Di SMK Ondak Jaya. Populasi dalam penelitian ini berjumlah sebanyak 23 siswa yang sama jumlahnya dengan sampel yang diambil yang diambil. Penelitian ini berjenis rancangan ex-post facto. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan kuesioner menggunakan model sekala linkert, serta dianalisis butir dan reliabilitas istrument, setelah itu masuk ke analisis data yang digunkan adalah deskripsi data, normalitas, linearitas multikolinearitas autokorelasi dan heteroskedastisitas sedangkan hipotesisnya menggunakan regresi sederhana. Hasil analisis menjukkan bahwa terdapat. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya kontribusi positif dan signifikan Pendidikan karakter terhadap kemandirian belajar siswa kelas XI pada saat parkatikum di SMK Ondak Jaya, melalui analisis korelasi dan regresi sederhana diperoleh harga t hitung sebesar 21,96 lebih besar dari harga t tabel dengan df n-k = 21 pada taraf signifikan 5% sebesar 2,079. Jadi harga t hitung lebih besar dari harga t tabel dengan P (sign) = 0,000 < 0,05. sehingga mengandung kontribusi positif dan signifikan. Dengan sumbangan efektif sebesar 95,8%. Hal ini berarti terdapat kontribusi signifikan Pendidikan karakter kemandirian belajar siswa secara simultan terhadap kemandirian belajar siswa. Kata kunci: Pendidikan karakter, kemandirian belajar, SMK.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Pendidikan karakter, kemandirian belajar, SMK. |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Teknik Mesin (S1) |
Depositing User: | DEDI RIPANA |
Date Deposited: | 26 Mar 2024 05:54 |
Last Modified: | 26 Mar 2024 05:54 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19557 |
Actions (login required)
View Item |