Sastrawan, I Putu Mulya (2024) PERANAN GURU PPKN DALAM MEMBENTUK KARAKTER TOLERANSI ANTARA PARA SISWA YANG BERBEDA AGAMA DI SMA NEGERI 3 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2014041005-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2014041005-ABSTRAK.pdf Download (436kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2014041005-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (459kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2014041005-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (743kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2014041005-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (664kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2014041005-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (649kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2014041005-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (529kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2014041005-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (528kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2014041005-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitialn ilni berltujuan unltuk : (1) menganalisi peralnan gulru PPKN dalalm membentuk karalkter toleransi antara para siswa yang berbeda agama di SMA Negeri 3 Singaraja. (2) menganalisis upaya dan strategi guru PPKN dalam membentuk karakter toleransi antara para siswa yang berbeda agama di SMA Negeri 3 Singaraja. (3) menganalisi hambatan guru PPKN dalam membentuk karakter toleransi antara para siswa yang berbeda agama di SMA Negeri 3 Singaraja. Penelitian ilni menglgunakan pendelkatan deskriptlif kualitatif yanlg melilputi (1) Lokasi penelitian yaitu SMA Negeri 3 Singaraja, (2) Subjek penelitian ditentukan melalui Teknik Purposive sampling, (3) Metode Pengumpulan data yaitu :observasi, wawancara dan dokumentasi, (4) Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, display data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Peranan guru PPKN dalam membentuk karakter toleransi antara para siswa yang berbeda agama sangat penting karena guru PPKN terlibat langsung mengajar ke kelas oleh karena itu implementasinya bisa lebih jelas dalam mengarahkan para siswa dalam menerapkan nilai-nilai Pancasila dan juga dalam proses pembelajaran guru PPKN juga berperan yang pertama itu berperan sebagai pendidik yang kedua berperan sebagai pendengar para siswa (2) Upaya dan strategi guru PPKN dalam membentuk karakter toleransi dengan menanamkan sikap menghargai teman saat diskusi, menghormati perbedaan pendapat, menanamkan mindset bahwa semua agama itu sama dan melakukan kerja sama dan kolaborasi dengan bimbingan konseling (3) Hambatan guru PPKN dalam membentuk karakter toleransi antara para siswa yang berbeda agama meliputi siswa kurang memahami sikap toleransi, waktu dalam membimbing siswa mengenai hal toleransi yang terbatas, perilaku siswa yang kurang sopan, dan pergaulan dan motivasi yang salah, tetapi dengan cara pembentukan karakter toleransi dengan penanaman nilai moral tentang keberagaman agama secara terus menerus dan bekelanjutan maka guru PPKN dapat membentuk karakter toleransi antara para siswa yang berbeda agama di SMA Negeri 3 Singaraja.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Peranan, Guru PPKN, Karakter Toleransi, Berbeda Agama |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan > Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan (S1) |
Depositing User: | I Putu Mulya Sastrawan |
Date Deposited: | 02 Apr 2024 04:37 |
Last Modified: | 02 Apr 2024 04:37 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19576 |
Actions (login required)
View Item |