PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS MODEL DRILL AND PRACTICE MATERI OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN CACAH KELAS IV SDN 4 NYALIAN

Cahyani, Ni Made Nindya (2024) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS MODEL DRILL AND PRACTICE MATERI OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN CACAH KELAS IV SDN 4 NYALIAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031098-COVER.pdf

Download (930kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031098-ABSTRAK.pdf

Download (216kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031098-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (363kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031098-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (410kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031098-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (624kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031098-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031098-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031098-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (447kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031098-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendreskripsikan rancang bangun, mengetahui kelayakan multimedia interaktif berbasis model drill and practice, dan mengetahui efektifitas multimedia interaktif berbasis model drill and practice. Produk diuji oleh 1 ahli isi materi pelajaran, 1 ahli desain instruksional, 1 ahli desain media pembelajaran, serta dengan subjek penelitian 3 orang siswa uji coba perorangan, 12 orang siswa uji coba kelompok kecil, dan uji efektivitas menggunakan 21 orang siswa. Model penelitian yang digunakan yaitu model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian pengembangan ini menggunakan metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, kuesioner, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah anilisis deskriptif kualitatif, deskriptif kuantitatif, dan statistik inferensial. Hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) Rancang bangun multimedia interaktif menggunakan model pengembangan ADDIE, (2) kualitas multimedia interaktif oleh uji ahli isi materi pelajaran diperoleh hasil 89,58% dengan kategori baik, uji ahli desain instruksional diperoleh hasil 91% dengan katagori sangat baik, uji ahli desain media pembelajaran diperoleh hasil 90% dengan katagori sangat baik, uji coba perorangan diperoleh hasil 87,89% dengan katagori baik, dan uji coba kelompok kecil diperoleh hasil 88,85% dengan kategori baik, (3) efektivitas multimedia interaktif berdasarkan hasil uji-t diperoleh thitung sebesar 5,288 dan ttabel sebesar 2,085, artinya thitung > ttabel, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukan bahwa Multimedia Interaktif Berbasis Model Drill and Practice layak dan efektif diterapkan untuk kelas IV Semester I pada materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata-kata kunci: Multimedia interaktif, Model Drill and Practice
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: NI MADE NINDYA CAHYANI
Date Deposited: 17 Apr 2024 23:49
Last Modified: 17 Apr 2024 23:49
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19601

Actions (login required)

View Item View Item