PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA BERDIMENSI KEBHINEKAAN GLOBAL UNTUK SISWA KELAS IV SD NEGERI 19 DAUH PURI DENPASAR

Puspa Putri, Sagung Manik (2024) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA BERDIMENSI KEBHINEKAAN GLOBAL UNTUK SISWA KELAS IV SD NEGERI 19 DAUH PURI DENPASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031202_Cover.pdf

Download (335kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031202_Abstrak.pdf

Download (134kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031202_BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (227kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031202_BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (287kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031202_BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (799kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031202_BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031202_BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR RUJUKAN)
2011031202_DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (189kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031202_LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Kebhinekaan menjadi modal persatuan bangsa, jiwa kebhinekaan harus ditanamkan sedini mungkin. Salah satu caranya dengan mengkaitkan dalam pembelajaran basa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun, kelayakan, serta efektivitas video animasi mata pelajaran bahasa Indonesia berdimensi kebhinekaan global. Subjek uji coba penelitian ini yakni ahli materi/isi, ahli desain, dan ahli media pembelajaran serta 28 orang siswa kelas IV SD Negeri 19 Dauh Puri Denpasar. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan analisis statistik inferensial uji-t. Hasil penelitian pengembangan ini yaitu: (1) rancang bangun pada tampilan video animasi memuat karakter animasi, teks materi, teks dubbing dari narator, audio dubbing narator, dan back sound, (2) kelayakan video animasi menurut ahli dan uji coba pengguna diperoleh sebagai berikut. (a) hasil uji ahli isi media diperoleh skor 95,2% dengan kualifikasi sangat baik, (b) hasil uji ahli desain diperoleh skor 100% dengan kualifikasi sangat baik, (c) hasil uji ahli media pembelajaran diperoleh skor 100% dengan kualifikasi sangat baik, (d) hasil uji coba perseorangan diperoleh skor 97,5% dengan kualifikasi sangat baik, dan (e) hasil uji coba kelompok kecil diperoleh skor 98,61% dengan kualifikasi sangat baik; (3) hasil efektivitas produk diperoleh dari uji statistik uji-t yakni t-hitung = 13,918 untuk db = 27 dan taraf signifikansi 5% sehingga t-tabel = 2,052. Jadi thitung > ttabel, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah menggunakan media. Dengan demikian dapat disimpulkan video animasi mata pelajaran bahasa Indonesia berdimensi kebhinekaan global efektif digunakan pada proses pembelajaran materi konjungsi antarkalimat kelas IV SD Negeri 19 Dauh Puri Denpasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: video animasi, bahasa Indonesia, kebhinekaan global
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: SAGUNG MANIK PUSPA PUTRI
Date Deposited: 24 Apr 2024 04:42
Last Modified: 24 Apr 2024 04:42
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19626

Actions (login required)

View Item View Item