Pengembangan Modul IPA Berorientasi Profil Pelajar Pancasila Materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati Indonesia untuk Siswa SMP/MTs Kelas VII

Dewi, Ni Putu Diah Loriana (2024) Pengembangan Modul IPA Berorientasi Profil Pelajar Pancasila Materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati Indonesia untuk Siswa SMP/MTs Kelas VII. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

This is the latest version of this item.

[img] Text (COVER)
2013071012-COVER.pdf

Download (586kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2013071012-ABSTRAK.pdf

Download (89kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013071012-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (213kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013071012-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (495kB)
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013071012-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (448kB)
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013071012-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 5 PPENUTUP)
2013071012-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013071012-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (234kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2013071012-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan karakteristik, kevalidan, kepraktisan, dan keterbacaan modul IPA berorientasi Profil Pelajar Pancasila materi ekologi dan keanekaragaman hayati Indonesia untuk siswa SMP/MTs kelas VII. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Namun, penelitian ini dibatasi sampai tahap develop. Subjek uji penelitian ini terdiri dari subjek uji validitas terdiri dari 2 orang dosen ahli di bidang IPA, 3 orang guru IPA sebagai subjek uji kepraktisan dan 15 orang siswa kelas VII SMPN 1 Sukasada sebagai subjek uji keterbacaan. Metode dan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan kuantitatif. Karakteristik modul IPA yang dikembangkan, yaitu (1) Modul IPA yang dikembangkan berbentuk buku paket dengan format hard copy (modul cetak) dan soft copy (pdf). (2) Karakteristik kegiatan pembelajarannya dalam modul IPA menggunakan model Discovery Learning yang setiap sintaksnya berorientasi pada keenam dimensi Profil Pelajar Pancasila. (3) Hasil uji tingkat validitas memperoleh rata-rata skor 1,00 termasuk kategori validitas sangat tinggi. Hasil uji kepraktisan memperoleh skor rata-rata 94% termasuk kategori sangat praktis, dan hasil uji keterbacaan dengan kategori sangat terbaca dengan skor rata-rata 93%. Berdasarkan hasil tersebut modul IPA berorientasi Profil Pelajar Pancasila yang dikembangkan, layak diuji ke tahap selanjutnya yaitu uji efektivitas. Kata kunci: Modul IPA, Profil Pelajar Pancasila, Model 4D

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Modul IPA, Profil Pelajar Pancasila, Model 4D
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1)
Depositing User: Ni Putu Diah Loriana Dewi
Date Deposited: 06 May 2024 04:37
Last Modified: 06 May 2024 04:37
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19673

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item