Intan Putri Pratiwi, Ni Komang (2024) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO TUTORIAL PADA PERMAINAN SIRKUIT BERBASIS LOOSEPART UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN FISIK MOTORIK ANAK KELOMPOK B. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011061016_Cover.pdf Download (588kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011061016_Abstrak.pdf Download (206kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011061016_BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (313kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011061016_BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (285kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011061016_BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (425kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011061016_BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011061016_BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011061016_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (230kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011061016_LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan fisik motorik anak dan kurangnya media digital untuk menstimulasi kemampuan fisik motorik. Penelitian ini mengembangkan media video tutorial pada permainan sirkuit berbasis loosepart untuk menstimulasi kemampuan fisik motorik.. Penelitian pengembangan ini menggunakan pendekatan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subyek penelitian terdiri dari empat ahli, dua guru, dan dua puluh dua peserta didik dalam kelompok B. Objek penelitian ini adalah media video tutorial pada permainan sirkuit berbasis loosepart. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner dan observasi. Desain penelitian ini, yaitu pre-experimental design dengan rancangan one group pretest-posttest design. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan rata-rata skor kelayakan oleh ahli media dan ahli isi muatan pembelajaran adalah 4,8, dengan klasifikasi yang sangat baik. Sedangkan, skor rata-rata kepraktisan oleh guru adalah 4,89. dengan klasifikasi sangat baik, dan hasil uji efektivitas berdasarkan tabel output Paired Samples T-Test, diketahui nilai Sig (-2-tailed) adalah sebesar 0,000 < 0,05. Dinyatakan bahwa ada perbedaan rata-rata antara hasil belajar pre-test dan post-test yang artinya ada pengaruh penggunaan media Video Tutorial pada Permainan Sirkuit Berbasis Loosepart dalam menstimulasi kemampuan fisik motorik anak Kelompok B. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan media video tutorial pada permainan sirkuit berbasis loosepart layak, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan fisik motorik anak kelompok B.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media video tutorial, permainan sirkuit, berbasis loosepart, Kemampuan fisik motorik |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1) |
Depositing User: | Ni Komang Intan Putri Pratiwi |
Date Deposited: | 06 May 2024 01:59 |
Last Modified: | 06 May 2024 01:59 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19679 |
Actions (login required)
View Item |