PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF KONTEKSTUAL PADA MUATAN PPKn UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD

Astari, Ni Komang (2024) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF KONTEKSTUAL PADA MUATAN PPKn UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031141-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031141-ABSTRAK.pdf

Download (145kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
2011031141-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (259kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
2011031141-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
2011031141-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (514kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031141-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
2011031141-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031141-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (241kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031141-LAMPIRAN.pdf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya aktivitas belajar siswa dan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn, serta kurangnya pemanfaatan media pembelajaran inovatif. Penelitian ini, memiliki lima tujuan yaitu: (1) mendeskripsikan rancangan bangun media video pembelajaran interaktif kontekstual pada muatan PPKn untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III SD. (2) mengetahui keberterimaan (acceptability) media video pembelajaran interaktif kontekstual pada muatan PPKn untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III SD. (3) mengetahui efektivitas penerapan media video pembelajaran interaktif kontekstual pada muatan PPKn untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas III SD, (4) mengetahui efektivitas penerapan media video pembelajaran interaktif kontekstual pada muatan PPKn untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD, (5) mengetahui efektivitas penerapan media video pembelajaran interaktif kontekstual pada muatan PPKn untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III SD secara simultan. Penelitian ini mempergunakan model ADDIE, yang tersusun atas lima tahapan, yaitu: (1) analisis, (2) perancangan, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Metode pengumpulan data yaitu pencatatan dokumen, kuesioner/angket, dan tes. Instrumen yang dipergunakan untuk mengumpulkan data yaitu angket/kuisioner dan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) penelitian menghasilkan media video pembelajaran interaktif kontekstual, (2) perolehan indeks validitas keberterimaan media video pembelajaran interaktif adalah 0,933 dengan validitas sangat tinggi. (3) Media video pembelajaran interaktif kontekstual efektif untuk meningkatkan aktivitas belajar dilihat dari nilai signifikansi (2-tailed) pada uji-t berkorelasi menunjukan angka 0,000, lebih kecil dari 0,05 (taraf signifikansi 5%). (4) Media video pembelajaran interaktif kontekstual efektif untuk meningkatkan hasil belajar dilihat dari nilai signifikansi (2-tailed) pada uji-t berkorelasi menunjukan angka 0,000, lebih kecil dari 0,05 (taraf signifikansi 5%). (5) Media video pembelajaran interaktif kontekstual secara simultan efektif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar yang dilihat dari nilai signifikansi (2-tailed) pada uji manova menunjukan angka 0,000, lebih kecil dari 0,05 (taraf signifikansi 5%). Sehingga media video pembelajaran interaktif kontekstual efektif digunakan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Video Interaktif Kontekstual, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar
Subjects: K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Komang Astari
Date Deposited: 03 Jun 2024 00:54
Last Modified: 03 Jun 2024 00:54
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19841

Actions (login required)

View Item View Item