Savitri, Ni Ketut Alit (2024) PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK BERBANTUAN MEDIA KONKRET TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN MATEMATIKA SISWA KELAS III SD NEGERI GUGUS V DR. SOETOMO. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031045-COVER.pdf Download (365kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031045-ABSTRAK.pdf Download (136kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031045-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (173kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031045-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (248kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
2011031045-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (377kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031045-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (309kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031045-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (103kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031045-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (194kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031045-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kompetensi pengetahuan matematika siswa kelas III SD yang dibelajarkan dengan menerapkan pendekatan matematika realistik berbantuan media konkret (2) mendeskripsikan kompetensi pengetahuan matematika siswa kelas III yang dibelajarkan dengan tidak menerapkan pendekatan matematika realistik berbantuan media konkret (3) mengetahui pengaruh dari penerapan pendekatan matematika realistik berbantuan media konkret terhadap kompetensi pengetahuan matematika siswa kelas III SD Negeri Gugus V Dr. Soetomo. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III di SD Negeri Gugus V Dr. Soetomo sebanyak 178 siswa. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling yang memperoleh kelas III B SD Negeri 9 Sesetan sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas III B SD Negeri 4 Sesetan sebanyak 31 siswa sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes, dengan jenis tes yang digunakan yaitu tes pilihan ganda berjumlah 20 butir soal yang sudah divalidasi. Data kompetensi pengetahuan matematika yang diperoleh dari hasil post-test dianalisis dengan teknik statistika deskriptif dan analisis statistika inferensial dengan uji-t polled varians. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh t_(hitung )= 3,711 > t_(tabel ) = 2,001 pada taraf signifikansi 5% dan dk = (30 + 31 – 2) = 59, hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan matematika siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pendekatakan matematika realistik berbantuan media konkret dengan siswa yang dibelajarkan dengan tidak menerapkan pendekatan matematika realistik berbantuan media konkret. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan matematika realistik berbantuan media konkret berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan matematika pada siswa kelas III SD Negeri Gugus V Dr. Soetomo.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Matematika Realistik, Media Konkret, kompetensi pengetahuan Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Ketut Alit Savitri |
Date Deposited: | 03 Jun 2024 00:57 |
Last Modified: | 03 Jun 2024 00:57 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19844 |
Actions (login required)
View Item |