Riskayanti, Ni Luh (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF FLIPBOOK BERPENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERNALAR KRITIS SISWA KELAS V PADA MUATAN IPAS DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 SELUMBUNG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031235_COVER.pdf Download (601kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031235_ABSTRAK.pdf Download (218kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031235_BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (263kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031235_BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (371kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031235_BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (465kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031235_BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031235_BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031235_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (249kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031235_LAMPIRAN.pdf Download (13MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan bernalar kritis siswa yang diakibatkan karena kurangnya penggunaan media pembelajaran dan kegiatan pembelajaran yang belum menuntut siswa aktif terlibat. Penelitian pengembangan ini memiliki tujuan, yaitu (1) menghasilkan rancang bangun media interaktif flipbook, (2) menganalisis validias isi media interaktif flipbook, (3) menganalisis kepraktisan media interaktif flipbook, dan (4) menganalisis efektivitas media interaktif flipbook terhadap kemampuan bernalar kritis siswa kelas V SD. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang tersusun atas lima tahapan, yaitu (1) analisis, (2) perancangan, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Studi ini mengambil subjek pengembangan berupa media interaktif flipbook, sedangkan objek penelitian pengembangan adalah validitas isi media, kepraktisan, dan efektivitas media. Metode pengumpulan data yaitu wawancara, angket/kuesioner, dan tes. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu pedoman wawancara, lembar angket/kuesioner, dan pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media interaktif flipbook mendapatkan indeks validitas dari ahli media sebesar 0,94 dengan kualifikasi validitas isi sangat tinggi, indeks validitas dari ahli materi sebesar 0,93 dengan kualifikasi validitas isi sangat tinggi dan mendapatkan indeks validitas dari ahli desain sebesar 0,93 dengan kualifikasi validitas isi sangat tinggi; (2) tingkat pencapaian respons praktisi terhadap media interaktif flipbook sebesar 98% dengan kualifikasi sangat baik serta mendapatkan tingkat pencapaian sebesar 96,6% dari uji coba kelompok kecil dan 99% dari uji coba perorangan dengan kualifikasi sangat baik; serta (3) nilai signifikansi (2-tailed) pada uji-t berkorelasi memperoleh skor sebesar 0,000 atau p < 0,05 (taraf signifikansi 5%), sehingga media pembelajaran interaktif flipbook efektif guna mengembangkan kemampuan bernalar kritis siswa kelas V SD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Media Interaktif, Flipbook, Bernalar Kritis |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Luh Riskayanti |
Date Deposited: | 03 Jun 2024 00:59 |
Last Modified: | 03 Jun 2024 00:59 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19845 |
Actions (login required)
View Item |