PENGEMBANGAN MEDIA SLIDE “BUSAN 3D” BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP KEBUDAYAAN NUSANTARA BAGI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Marjaya, Ni Kadek Tania Amanda (2024) PENGEMBANGAN MEDIA SLIDE “BUSAN 3D” BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP KEBUDAYAAN NUSANTARA BAGI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031017-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031017-ABSTRAK.pdf

Download (613kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031017-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (632kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031017-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (732kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031017-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (848kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031017-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031017-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (536kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031017-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (559kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031017-LAMPIRAN.pdf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun media slide “BUSAN 3D” berbasis augmented reality (AR) untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap kebudayaan nusantara bagi siswa kelas IV SD, (2) mengetahui validitas media slide “BUSAN 3D” berbasis AR untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap kebudayaan nusantara bagi siswa kelas IV SD, dan (3) mengetahui efektivitas media slide “BUSAN 3D” berbasis AR untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap kebudayaan nusantara bagi siswa kelas IV SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, angket, dan tes. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, deskriptif kuantitatif, dan statistik inferensial uji-t. Hasil penelitian menunjukkan (1) Rancang bangun media slide “BUSAN 3D” melalui model ADDIE. (2) Validasi ahli materi diperoleh 97,27%, ahli media diperoleh 93,99% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil tingkat kepraktisan media dari penilaian guru mendapatkan 100%, dari siswa mendapatkan 93,30% dengan kualifikasi sangat praktis. (3) Uji efektivitas media slide “BUSAN 3D” berbasis AR menunjukkan hasil thitung > ttabel yaitu 6,361 > 2,024 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya terdapat efektivitas media slide “BUSAN 3D” berbasis AR untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap kebudayaan nusantara bagi siswa kelas IV SD.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata-kata kunci: Pengembangan, Media Slide 3D, Kebudayaan Nusantara
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Kadek Tania Amanda Marjaya
Date Deposited: 03 Jun 2024 01:07
Last Modified: 03 Jun 2024 01:07
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19847

Actions (login required)

View Item View Item