Marjaya, Ni Kadek Tania Amanda (2024) PENGEMBANGAN MEDIA SLIDE “BUSAN 3D” BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP KEBUDAYAAN NUSANTARA BAGI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031017-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031017-ABSTRAK.pdf Download (613kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031017-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (632kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031017-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (732kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031017-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (848kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031017-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031017-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (536kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031017-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (559kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031017-LAMPIRAN.pdf Download (12MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun media slide “BUSAN 3D” berbasis augmented reality (AR) untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap kebudayaan nusantara bagi siswa kelas IV SD, (2) mengetahui validitas media slide “BUSAN 3D” berbasis AR untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap kebudayaan nusantara bagi siswa kelas IV SD, dan (3) mengetahui efektivitas media slide “BUSAN 3D” berbasis AR untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap kebudayaan nusantara bagi siswa kelas IV SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, angket, dan tes. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, deskriptif kuantitatif, dan statistik inferensial uji-t. Hasil penelitian menunjukkan (1) Rancang bangun media slide “BUSAN 3D” melalui model ADDIE. (2) Validasi ahli materi diperoleh 97,27%, ahli media diperoleh 93,99% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil tingkat kepraktisan media dari penilaian guru mendapatkan 100%, dari siswa mendapatkan 93,30% dengan kualifikasi sangat praktis. (3) Uji efektivitas media slide “BUSAN 3D” berbasis AR menunjukkan hasil thitung > ttabel yaitu 6,361 > 2,024 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya terdapat efektivitas media slide “BUSAN 3D” berbasis AR untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap kebudayaan nusantara bagi siswa kelas IV SD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata-kata kunci: Pengembangan, Media Slide 3D, Kebudayaan Nusantara |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Tania Amanda Marjaya |
Date Deposited: | 03 Jun 2024 01:07 |
Last Modified: | 03 Jun 2024 01:07 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19847 |
Actions (login required)
View Item |