Wulandari, Kadek Aprilia Sri (2024) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS MODEL OPPEMEI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS KELAS IV SD NEGERI 2 BELANTIH. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031280-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031280-ABSTRAK.pdf Download (246kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031280-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (411kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031280-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (439kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031280-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (833kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031280-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031280-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (407kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031280-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (490kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031280-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi atas masalah kurangnya pemanfaatan bahan ajar digital dalam pelaksanaan pembelajaran dan hasil belajar siswa yang masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan E-LKPD berbasis model OPPEMEI untuk meningkatkan hasil belajar IPAS kelas IV SD Negeri 2 Belantih yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE dalam proses pengembangan. Model ADDIE terdiri dari 5 tahapan yaitu tahapan analisis, tahapan pengembangan, tahap anlisis, tahap perancangan, tahap pengembangan, tahap implementasi dan tahap evaluasi. Subjek dari pengembangan ini adalah E-LKPD berbasis model OPPEMEI dan untuk objek pengembangan pada penelitian ini yaitu validitas, kepraktisan dan efektivitas dari E-LKPD yang telah dikembangkan. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode pengumpulan wawancara, kuesioner tes. Hasil Penelitian pengembangan E-LKPD berbasis model OPPEMEI adalah valid, praktis dan cukup efektif diterapkan pada pembelajaran yang dibuktikan dengan uji validitas dari ahli materi 0,93, ahli desain 1,00, dan ahli media pembelajaran 0,95; uji kepraktisannya melalui respon siswa uji coba sebesar 95,83%, uji coba kelompok kecil memperoleh hasil sebesar 91,20% serta uji efektivitas dengan uji-t berkorelasi memperoleh hasil t-hitung 11,38 lebih besar dari nilai t tabel untuk dk = 32 pada taraf signifikansi 5% 2,037 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Uji N-gain score data prettest dan posttest memperoleh nilai N-gain score yaitu 71% termasuk dalam kategori cukup efektif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan E-LKPD berbasis model OPPEMEI sangat valid, praktis dan cukup efektif diterapkan pada muatan IPA dengan mataeri perubahan wujud benda untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: E-LKPD, model OPPEMEI, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Kadek Aprilia Sri Wulandari |
Date Deposited: | 04 Jun 2024 07:39 |
Last Modified: | 04 Jun 2024 07:39 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19869 |
Actions (login required)
View Item |