PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS MODEL OPPEMEI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS KELAS IV SD NEGERI 2 BELANTIH

Wulandari, Kadek Aprilia Sri (2024) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS MODEL OPPEMEI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS KELAS IV SD NEGERI 2 BELANTIH. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031280-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031280-ABSTRAK.pdf

Download (246kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031280-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (411kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031280-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (439kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031280-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (833kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031280-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031280-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (407kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031280-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (490kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031280-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi atas masalah kurangnya pemanfaatan bahan ajar digital dalam pelaksanaan pembelajaran dan hasil belajar siswa yang masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan E-LKPD berbasis model OPPEMEI untuk meningkatkan hasil belajar IPAS kelas IV SD Negeri 2 Belantih yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE dalam proses pengembangan. Model ADDIE terdiri dari 5 tahapan yaitu tahapan analisis, tahapan pengembangan, tahap anlisis, tahap perancangan, tahap pengembangan, tahap implementasi dan tahap evaluasi. Subjek dari pengembangan ini adalah E-LKPD berbasis model OPPEMEI dan untuk objek pengembangan pada penelitian ini yaitu validitas, kepraktisan dan efektivitas dari E-LKPD yang telah dikembangkan. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode pengumpulan wawancara, kuesioner tes. Hasil Penelitian pengembangan E-LKPD berbasis model OPPEMEI adalah valid, praktis dan cukup efektif diterapkan pada pembelajaran yang dibuktikan dengan uji validitas dari ahli materi 0,93, ahli desain 1,00, dan ahli media pembelajaran 0,95; uji kepraktisannya melalui respon siswa uji coba sebesar 95,83%, uji coba kelompok kecil memperoleh hasil sebesar 91,20% serta uji efektivitas dengan uji-t berkorelasi memperoleh hasil t-hitung 11,38 lebih besar dari nilai t tabel untuk dk = 32 pada taraf signifikansi 5% 2,037 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Uji N-gain score data prettest dan posttest memperoleh nilai N-gain score yaitu 71% termasuk dalam kategori cukup efektif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan E-LKPD berbasis model OPPEMEI sangat valid, praktis dan cukup efektif diterapkan pada muatan IPA dengan mataeri perubahan wujud benda untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: E-LKPD, model OPPEMEI, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Kadek Aprilia Sri Wulandari
Date Deposited: 04 Jun 2024 07:39
Last Modified: 04 Jun 2024 07:39
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19869

Actions (login required)

View Item View Item