PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PEER TUTORING BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IX DI SMP NEGERI 2 AMLAPURA

Suhendrayani, Ni Made Dena (2024) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PEER TUTORING BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IX DI SMP NEGERI 2 AMLAPURA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2013011074-COVER.pdf

Download (938kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2013011074-ABSTRAK.pdf

Download (402kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013011074-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (346kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013011074-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013011074-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (790kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013011074-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (640kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2013011074-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013011074-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (270kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2013011074-LAMPIRAN.pdf

Download (10MB)

Abstract

Tujuan dari kajian ini adalah guna menentukan apakah hasil belajar matematika kelas IX SMP Negeri 2 Amlapura yang diterapkan metode pembelajaran peer tutoring berbantuan video pembelajaran lebih baik dibandingkan hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran metode pembelajaran konvensional. Kajian ini merupakan jenis quasi eksperiment (eksperimen semu) yang menggunakan Posttest-Only Control Group Design. Populasi pada kajian ini ialah siswa kelas IX SMP Negeri 2 Amlapura sebanyak 404 siswa. Sampel diambil dengan memakai teknik Cluster Random Sampling, terdiri dari dua kelas yakni kelas IX.1(kelas eksperimen) dengan 29 siswa dan kelas IX.2(kelas kontrol) dengan 32 siswa. Pengambilan data dalam kajian ini menggunakan teknik tes dengan jenis tes uraian. Hasilnya menunjukkan rerata skor kelas eksperimen eksperimen sebesar 84,86 sementara rerata skor pada kelas kontrol sebesar 73,22. Dapat dilihat bahwa rerata skor posttest kelas eksperimen lebih tinggi daripada rerata skor posttest kelas kontrol. Analisa hipotesis memakai Uji Independent Samples t-test, taraf signifikansi 0,05. Hasilnya memaparkan t_hitung>t_tabel yaitu 4,826 > 1,671. Hal ini membuktikan bahwa adanya pengaruh yang signifikan metode peer tutoring berbantuan video pembelajaran terhadap hasil belajar. Dapat ditarik simpulan bahwasannya hasil belajar matematika kelas IX SMP Negeri 2 Amlapura yang mengikuti pembelajaran metode peer tutoring berbantuan video pembelajaran lebih baik dibandingkan hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran metode konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peer Tutoring, Video Pembelajaran, Hasil Belajar Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Ni Made Dena Suhendrayani
Date Deposited: 12 Jun 2024 01:27
Last Modified: 12 Jun 2024 01:27
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19939

Actions (login required)

View Item View Item