Novita Sari, Ketut (2024) STUDENTS’ PERCEPTION ABOUT THE USE OF SELF-ASSESSMENT IN WRITING COMPETENCY AT SMA NEGERI 2 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (2012021157-COVER)
2012021157-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (2012021157-ABSTRAK)
2012021157-ABSTRAK.pdf Download (106kB) |
|
Text (2012021157-BAB 1 PENDAHULUAN)
2012021157-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (111kB) |
|
Text (2012021157-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2012021157-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (140kB) | Request a copy |
|
Text (2012021157-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2012021157-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (226kB) | Request a copy |
|
Text (2012021157-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2012021157-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (200kB) | Request a copy |
|
Text (2012021157-BAB 5 PENUTUP)
2012021157-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) | Request a copy |
|
Text (2012021157-DAFTAR PUSTAKA)
2012021157-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (199kB) |
|
Text (2012021157-LAMPIRAN)
2012021157-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (339kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini menyelidiki persepsi dan tantangan siswa sekolah menengah atas mengenai pemanfaatan penilaian diri untuk mengevaluasi kompetensi menulis di SMAN 2 Singaraja. Dengan menggunakan pendekatan metode campuran, penelitian ini menggunakan desain penjelasan berurutan yang melibatkan metodologi kuantitatif dan kualitatif. Menggunakan kuesioner dan instrumen survei untuk mengumpulkan data. Metodologinya, diadaptasi dari Creswell et al. (2009), menggabungkan kuesioner yang diisi oleh sembilan puluh siswa dan wawancara selanjutnya dengan lima siswa yang berpengalaman dalam penilaian diri di SMAN 2 Singaraja. Berdasarkan teori Van Der Kleij, kuesioner dan panduan wawancara dikembangkan, dengan fokus pada dua dimensi: penggunaan dan kualitas penilaian diri. Setelah selesai, 118 siswa dan tiga ahli menilai validitas kuesioner. Studi ini terutama berfokus pada persepsi siswa dalam menggunakan penilaian diri untuk menilai kompetensi menulis dan tantangan yang mereka hadapi. Temuan menunjukkan bahwa meskipun 50% siswa menganggap penilaian diri bermanfaat, baik analisis kuesioner maupun data wawancara menunjukkan perspektif positif secara keseluruhan di kalangan siswa. Refleksi diri melalui penilaian diri memungkinkan siswa mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan, menumbuhkan rasa percaya diri dan kemandirian dalam proses revisinya. Selain itu, ini membantu pendidik dalam memantau perkembangan siswa dan menilai efektivitas pengajaran. Meskipun memiliki manfaat, siswa menghadapi kesulitan dalam menerapkan penilaian diri, termasuk ketidakpastian mengenai tujuan dan keakuratan penerapannya, sehingga menyebabkan kurangnya kepercayaan diri dalam penerapannya. Mengatasi tantangan ini sangat penting untuk mengoptimalkan efektivitas praktik penilaian diri dalam meningkatkan kompetensi menulis siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | persepsi siswa, penilaian diri, kompetensi menulis, tantangan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Ketut Novita Sari |
Date Deposited: | 14 Jun 2024 01:07 |
Last Modified: | 14 Jun 2024 01:07 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19949 |
Actions (login required)
View Item |