Aryati, Ni Luh Novi (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBANTUAN TEKNIK JARIMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS IV SDN GUGUS III KUTA UTARA TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031041-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031041-ABSTRAK.pdf Download (342kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031041-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (380kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031041-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (728kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031041-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (707kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031041-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (664kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031041-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (364kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031041-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (478kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031041-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terhadap kemampuan numerasi siswa setelah dibelajarkan menggunakan model Creative Problem Solving berbantuan Teknik Jarimatika. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan desain penelitian non-equivalent control group desain. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Gugus III Kuta Utara Tahun Ajaran 2023/2024 yang berjumlah 413 siswa. Penentuan sampel dalam ini penelitian menggunakan cluster random sampling dan mencari dua kelas sampel, memperoleh kelompok eksperimen dari kelas IV B SD No. 3 Kerobokan Kaja sebanyak 30 siswa, serta kelompok kontrol kelas IV B SD No. 2 Kerobokan Kaja sebanyak 28 siswa. Jumlah sampel sebanyak 58 siswa, penelitian menggunakan metode pengumpulan data dengan tes objektif pilihan ganda dan tipe benar salah. Data kemampuan numerasi dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial menggunakan uji-t Polled Varians. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung = 5.62, dengan nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% dan dk = 56 adalah 1,673. Maka diperoleh thitung= 5,62 > ttabel = 1.673, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti terdapat perbedaan antara kemampuan numerasi siswa kelompok yang dibelajarkan menggunakan model Creative Problem Solving berbantuan teknik Jarimatika dengan kelompok siswa yang tidak dibelajarkan dengan model Creative Problem Solving berbantuan teknik Jarimatika pada siswa kelas IV SD Negeri Gugus III Kuta Utara Tahun Ajaran 2023/2024. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Creative Problem Solving berbantuan teknik Jarimatika berpengaruh terhadap kemampuan numerasi siswa kelas IV SD Negeri Gugus III Kuta Utara Tahun Ajaran 2023/2024.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Creative Problem Solving (CPS), Jarimatika, Kemampuan Numerasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Luh Novi Aryati |
Date Deposited: | 19 Jun 2024 00:08 |
Last Modified: | 19 Jun 2024 00:08 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20019 |
Actions (login required)
View Item |