Arisandi, Ni Putu Eka (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI PADA MATERI MENGENAL BUMI KITA TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PELAJARAN IPAS KELAS V SD NEGERI 5 KAMPUNG BARU. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031115-COVER.pdf Download (898kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031115-ABSTRAK.pdf Download (218kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031115-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (192kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031115-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (256kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031115-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (325kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031115-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (245kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031115-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (170kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031115-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (211kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031115-LAMPIRAN.pdf Download (17MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh media pembelajaran video animasi terhadap hasil belajar kognitif pada materi mengenal bumi kita mata pelajaran IPAS antara kelompok siswa yang belajar dengan pembelajaran video animasi dan kelompok siswa yang tidak belajar dengan pembelajaran video animasi pada siswa kelas V SD Negeri 5 Kampung Baru. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu, dengan desain Nonrandomized Control Group Pretest-Postest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa V SD Negeri 5 Kampung Baru. Sampel penelitian ini adalah kelas V A sebagai kelompok eksperimen dan kelas V B sebagai kelompok kontrol yang diperoleh dengan teknik random sampling dengan undian untuk menentukan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pengumpulan data kompetensi pengetahuan IPAS menggunakan tes dan instrument yang digunakan berupa tes objektif pilihan ganda sebanyak 20 soal yang sudah divalidasi. Data kompetensi pengetahuan IPAS kemudian dianalisis dengan menggunakan uji-t (independent sample t test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa, rata-rata skor hasil belajar pada kelompok eksperimen (78,48) lebih besar dari kelompok kontrol (70,75). Berdasarkan hal tersebut, terdapat perbedaan media pembelajaran video animasi terhadap hasil belajar kognitif pada materi mengenal bumi kita mata pelajaran IPAS antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan video animasi dan kelompok siswa yang dibelajarkan tidak dengan video animasi pada siswa kelas V SD Negeri 5 Kampung Baru. Dengan demikian media pembelajaran video animasi berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif pada materi mengenal bumi kita mata pelajaran IPAS siswa kelas V SD Negeri 5 Kampung Baru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video Animasi, IPAS, Hasil Belajar Kognitif |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Eka Arisandi |
Date Deposited: | 25 Jun 2024 07:19 |
Last Modified: | 25 Jun 2024 07:19 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20116 |
Actions (login required)
View Item |