PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI PADA MATERI MENGENAL BUMI KITA TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PELAJARAN IPAS KELAS V SD NEGERI 5 KAMPUNG BARU

Arisandi, Ni Putu Eka (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI PADA MATERI MENGENAL BUMI KITA TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PELAJARAN IPAS KELAS V SD NEGERI 5 KAMPUNG BARU. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031115-COVER.pdf

Download (898kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031115-ABSTRAK.pdf

Download (218kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031115-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (192kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031115-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031115-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (325kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031115-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031115-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031115-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (211kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031115-LAMPIRAN.pdf

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh media pembelajaran video animasi terhadap hasil belajar kognitif pada materi mengenal bumi kita mata pelajaran IPAS antara kelompok siswa yang belajar dengan pembelajaran video animasi dan kelompok siswa yang tidak belajar dengan pembelajaran video animasi pada siswa kelas V SD Negeri 5 Kampung Baru. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu, dengan desain Nonrandomized Control Group Pretest-Postest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa V SD Negeri 5 Kampung Baru. Sampel penelitian ini adalah kelas V A sebagai kelompok eksperimen dan kelas V B sebagai kelompok kontrol yang diperoleh dengan teknik random sampling dengan undian untuk menentukan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pengumpulan data kompetensi pengetahuan IPAS menggunakan tes dan instrument yang digunakan berupa tes objektif pilihan ganda sebanyak 20 soal yang sudah divalidasi. Data kompetensi pengetahuan IPAS kemudian dianalisis dengan menggunakan uji-t (independent sample t test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa, rata-rata skor hasil belajar pada kelompok eksperimen (78,48) lebih besar dari kelompok kontrol (70,75). Berdasarkan hal tersebut, terdapat perbedaan media pembelajaran video animasi terhadap hasil belajar kognitif pada materi mengenal bumi kita mata pelajaran IPAS antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan video animasi dan kelompok siswa yang dibelajarkan tidak dengan video animasi pada siswa kelas V SD Negeri 5 Kampung Baru. Dengan demikian media pembelajaran video animasi berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif pada materi mengenal bumi kita mata pelajaran IPAS siswa kelas V SD Negeri 5 Kampung Baru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Video Animasi, IPAS, Hasil Belajar Kognitif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Putu Eka Arisandi
Date Deposited: 25 Jun 2024 07:19
Last Modified: 25 Jun 2024 07:19
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20116

Actions (login required)

View Item View Item