Hermaliani, Komang Sri (2024) HUBUNGAN ANTARA KARAKTER BERNALAR KRITIS DAN KREATIF DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V DAN VI PADA MUATAN PENDIDIKAN PANCASILA DI SD NEGERI 5 SELAT TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031052-COVER.pdf Download (383kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031052-ABSTRAK.pdf Download (130kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031052-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (152kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031052-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (192kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031052-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (266kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031052-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (247kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031052-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031052-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (199kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031052-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini guna menginvestigasi hubungan antara karakter bernalar kritis dan kreatif dengan prestasi belajar siswa kelas V dan VI pada muatan Pendidikan Pancasila di SD Negeri 5 Selat tahun pelajaran 2023/2024. Jenis penelitian yang dilakukan adalah ex-post facto, dengan memeriksa hubungan antara variabel karakter bernalar kritis (X1) dan karakter kreatif (X2) dengan variabel prestasi belajar Pendidikan Pancasila (Y). Populasi penelitian terdiri dari 52 siswa dan sampel yang digunakan adalah 52 siswa, dengan menggunakan Teknik sampling jenuh dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Pengumpulan data dilakukan melalui penggunaan kuisioner. Data dianalisis menggunakan analisis regresi sederhana dan regresi linier berganda. Hasil penelitian untuk hipotesis pertama menunjukkan bahwa (rhitung) 0,844 > (rtabel) 0,279 (rhitung) dengan taraf siginifikan 5%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara karakter bernalar kritis dengan prestasi belajar Pendidikan Pancasila. Hasil penelitian untuk hipotesis kedua menunjukkan bahwa (rhitung) 0,814 > (rtabel) 0,279 dengan taraf siginifikan 5%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara karakter kreatif dengan prestasi belajar Pendidikan Pancasila. Hasil penelitian untuk hipotesis ketiga menunjukkan bahwa (rhitung) 0,848 > (rtabel) 0,279 dengan taraf siginifikan 5%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara karakter bernalar kritis dan kreatif dengan prestasi belajar siswa kelas V dan VI pada muatan Pendidikan Pancasila di SD Negeri 5 Selat tahun pelajaran 2023/2024”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan karakter, Bernalar kritis, Kreatif, Pendidikan Pancasila |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Komang Sri Hermaliani |
Date Deposited: | 25 Jun 2024 00:18 |
Last Modified: | 25 Jun 2024 00:18 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20138 |
Actions (login required)
View Item |