Cahyani, Ni Komang Ayu Angri (2024) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI PUISI UNTUK SISWA KELAS IV SD NO 2 SEMBUNG KABUPATEN BADUNG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031305-COVER.pdf Download (568kB) |
|
Text (ABTRAK)
2011031305-ABSTRAK.pdf Download (34kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031305-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (172kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031305-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (198kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031305-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (380kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031305-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031305-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (45kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031305-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (117kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031305-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun media E-LKPD berbasis problem based learning mata pelajaran bahasa Indonesia, (2) mengetahui kelayakan media E-LKPD berbasis problem based learning mata pelajaran bahasa Indonesia, dan (3) mengetahui efektivitas media E-LKPD berbasis problem based learning mata pelajaran bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini mengacu pada pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu Analisis (Analyze), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), Impementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode kuesioner/angket. Hasil penelitian pengembangan ini menyimpulkan bahwa E-LKPD berbasis problem based learning yang dikembangkan layak dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran dibuktikan dari: (1) hasil uji ahli rancang bangun diperoleh skor 90,90% dengan kualifikasi sangat baik, (2) kelayakan media E-LKPD berbasis problem based learning berdasarkan hasil uji ahli isi materi dengan skor 91,00% pada kualifikasi sangat baik, uji ahli desain 87,50% pada kualifikasi baik, uji ahli media 87,50% pada kualifikasi baik, uji coba perorangan dengan skor 100% pada kualifikasi sangat baik, dan uji coba kelompok kecil dengan skor 93% dengan kualifikasi sangat baik, serta (3) hasil uji efektivitas dengan uji-t memperoleh t-hitung = 20,432 > t-tabel = 1,717 pada taraf signifikansi 5% untuk dk = 22, dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima, maka E-LKPD dinyatakan efektif digunakan dalam proses pembelajaran di kelas IV pada materi puisi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: media pembelajaran E-LKPD, Problem Based Learning, bahasa Indonesia. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Komang Ayu Angri Cahyani |
Date Deposited: | 25 Jun 2024 07:21 |
Last Modified: | 25 Jun 2024 07:21 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20139 |
Actions (login required)
View Item |