Sudiana, Nyoman (2024) DETERMINASI KEPEMIMPINAN AUTENTIK, SUPERVISI AKADEMIK, BUDAYA ORGANISASI DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI SEKOLAH PENGGERAK SMP NEGERI DI KABUPATEN BULELENG. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2039011035- COVER.pdf Download (894kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2039011035-ABSTRAK.pdf Download (223kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
2039011035-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (303kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
2039011035-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
2039011035-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (728kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
2039011035-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
2039011035-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (231kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2039011035-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (513kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2039011035-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, bertujuan untuk menganalisis determinasi dari kepemimpinan autentik, supervisi akademik, budaya organisasi, dan motivasi kerja terhadap kinerja guru di sekolah penggerak. Populasi penelitian ini 400 guru di Sekolah Penggerak SMP Negeri di Kabupaten Buleleng. Penentuan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling dan diperoleh sampel sebanyak 229 orang. Data penelitian dikumpulkan dengan kuesioner tipe tertutup 5 opsi model skala Likert. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial multivariat SEM-PLS. Hasil penelitian menemukan bahwa: (1) Secara deskriptif kuantitatif semua variabel dinyatakan sangat baik, hanya variabel kinerja guru katagorinya baik, (2) Model teoretik hubungan antar variabel eksogen dan endogen dinyatakan terbukti secara empirik, (3) Kepemimpinan autentik, supervisi akademik dan budaya organisasi berpengaruh secara langsung positif dan signifikan terhadap motivasi kerja, (4) Kepemimpinan autentik, supervisi akademik, budaya organisasi dan motivasi kerja berpengaruh secara langsung positif dan signifikan terhadap kinerja guru. (5) Motivasi kerja berfungsi signifikan sebagai pemediasi dalam pengaruh secara tidak langsung kepemimpinan autentik, supervisi akademik dan budaya organisasi terhadap kinerja guru. Temuan penelitian mengindikasikan pentingnya penerapan kepemimpinan autentik, supervisi akademik yang efektif, menciptakan budaya organisasi yang positf menumbuhkan motivasi kerja untuk meningkatkan kinerja guru di sekolah penggerak.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kepemimpinan autentik, supervisi akademik, budaya organisasi, motivasi kerja, kinerja guru |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Ilmu Pendidikan (S3) |
Depositing User: | Nyoman Sudiana |
Date Deposited: | 26 Jun 2024 07:35 |
Last Modified: | 26 Jun 2024 07:35 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20141 |
Actions (login required)
View Item |