Mahardinata, Libertus Tri (2024) PENGEMBANGAN MEDIA FLIPBOOK BERBASIS DISCOVERY LEARNING MUATAN IPAS MATERI DAERAHKU KEBANGGAANKU SISWA KELAS V SD NEGERI 22 DAUH PURI DENPASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031184-COVER.pdf Download (714kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031184-ABSTRAK.pdf Download (34kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031184-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (183kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031184-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (114kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031184-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (471kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031184-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (768kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031184-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (187kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031184-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (181kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031184-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan mengetahui rancang bangun, Validitas isi, desain, media, uji perorangan, dan uji kelompok kecil serta efektivitas media flipbook berbasis discovery learning muatan IPAS materi daerahku kebanggaanku siswa kelas V SD Negeri 22 Dauh Puri Denpasar. jenis dari penelitian ini adalah pengembangan dengan mengadaptasi model ADDIE. Subjek uji coba menggunakan 24 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan analisis statistik inferensial uji t. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berupa flipbook berbasis discovery learning muatan IPAS materi daerahku kebanggaanku siswa kelas V SD Negeri 22 Dauh Puri Denpasar ini digunakan dalam proses pembelajaran yaitu sebagai berikut: (1) kualitas hasil uji rancang bangun memperoleh skor 90,90% dengan kualifikasi sangat baik, (2) Ahli materi pembelajaran memperoleh skor 100% dengan kualifikasi sangat baik, ahli desain memperoleh skor 97,5%, ahli media pembelajaran memperoleh skor 92,5%, uji coba perorangan memperoleh skor 95,83% dan uji kelompok kecil memperoleh skor 96,53% dengan kualifikasi sangat baik. (3) Uji efektivitas produk didapatkan dari uji statistik uji-t sehingga memperoleh Thitung sebesar 17,39 untuk db = 23 dan taraf signifikansi 5% diperoleh angka Ttabel sebesar 1,717. Hal ini berarti Thitung > Ttabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, dengan demikian terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan media flipbook berbasis discovery learning. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media flipbook berbasis discovery learning diakses melalui link: https://bit.ly/FlipBookDaerahkuKebanggaanku. dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran muatan IPAS materi daerahku kebanggaanku siswa kelas V SD Negeri 22 Dauh Puri Denpasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata-kata kunci: ADDIE, IPAS, Discovery Learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | LIBERTUS TRI MAHARDINATA |
Date Deposited: | 27 Jun 2024 03:48 |
Last Modified: | 27 Jun 2024 03:48 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20176 |
Actions (login required)
View Item |