Dewi, Ni Kade Ayu Novita (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP BERPIKIR KRITIS PELAJARAN IPAS PADA SISWA KELAS V SD GUGUS IV KEDIRI TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031217-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031217-ABSTRAK.pdf Download (430kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031217-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (373kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031217-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (632kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031217-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (805kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031217-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (749kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031217-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (361kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031217-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (359kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031217-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan berpikir kritis pelajaran IPAS kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran mind mapping berbantuan media audio visual pada siswa kelas V (2) mendiskripsikan berpikir kritis pelajaran IPAS kelompok siswa yang tidak dibelajarkan menggunakan model pembelajaran mind mapping berbantuan media audio visual pada siswa kelas V (3) mengetahui pengaruh model pembelajaran mind mapping berbantuan media audio visual terhadap berpikir kritis pelajaran IPAS pada siswa kelas V SD gugus IV kecamatan kediri tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian non-equivalent control group desain. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di Gugus IV Kediri Tahun Ajaran 2023/2024 sebanyak 180 siswa. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling yakni kelas V SD Negeri 1 Kediri sebanyak 28 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas V SD Negeri 4 Kediri sebanyak 31 siswa sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan tes berbentuk uraian. Data kemampuan berpikir kritis yang diperoleh dari hasil post-test dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan Uji-t polled varians. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung = 5,58 > ttabel = 1,67, pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 28+31-2 = 57, ini berarti H0 ditolak dan HI diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Mind Mapping berbantuan media visual berpengaruh terhadap berpikir kritis pelajaran IPAS siswa kelas V SD Gugus IV Kediri tahun ajaran 2023/2024.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Mind Mapping, Media Audio Visual, Berpikir Kritis, Pelajaran IPAS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Kade Ayu Novita Dewi |
Date Deposited: | 01 Jul 2024 01:26 |
Last Modified: | 01 Jul 2024 01:26 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20232 |
Actions (login required)
View Item |