PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP BERPIKIR KRITIS PELAJARAN IPAS PADA SISWA KELAS V SD GUGUS IV KEDIRI TAHUN AJARAN 2023/2024

Dewi, Ni Kade Ayu Novita (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP BERPIKIR KRITIS PELAJARAN IPAS PADA SISWA KELAS V SD GUGUS IV KEDIRI TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031217-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031217-ABSTRAK.pdf

Download (430kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031217-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (373kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031217-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (632kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031217-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (805kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031217-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (749kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031217-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031217-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (359kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031217-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan berpikir kritis pelajaran IPAS kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran mind mapping berbantuan media audio visual pada siswa kelas V (2) mendiskripsikan berpikir kritis pelajaran IPAS kelompok siswa yang tidak dibelajarkan menggunakan model pembelajaran mind mapping berbantuan media audio visual pada siswa kelas V (3) mengetahui pengaruh model pembelajaran mind mapping berbantuan media audio visual terhadap berpikir kritis pelajaran IPAS pada siswa kelas V SD gugus IV kecamatan kediri tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian non-equivalent control group desain. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di Gugus IV Kediri Tahun Ajaran 2023/2024 sebanyak 180 siswa. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling yakni kelas V SD Negeri 1 Kediri sebanyak 28 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas V SD Negeri 4 Kediri sebanyak 31 siswa sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan tes berbentuk uraian. Data kemampuan berpikir kritis yang diperoleh dari hasil post-test dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan Uji-t polled varians. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung = 5,58 > ttabel = 1,67, pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 28+31-2 = 57, ini berarti H0 ditolak dan HI diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Mind Mapping berbantuan media visual berpengaruh terhadap berpikir kritis pelajaran IPAS siswa kelas V SD Gugus IV Kediri tahun ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Mind Mapping, Media Audio Visual, Berpikir Kritis, Pelajaran IPAS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Kade Ayu Novita Dewi
Date Deposited: 01 Jul 2024 01:26
Last Modified: 01 Jul 2024 01:26
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20232

Actions (login required)

View Item View Item