Ariawan, Detha Djoni (2024) IMPLEMENTASI PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PELAKU USAHA AKIBAT WANPRESTASI YANG DILAKUKAN KONSUMEN DALAM PEMBAYARAN HUTANG (STUDI KASUS DI UD. RUDI GROSIR DAN ECERAN, DESA PUHU). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2014101075-COVER.pdf Download (333kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2014101075-ABSTRAK.pdf Download (56kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2014101075-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (185kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2014101075-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (411kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2014101075-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (81kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2014101075-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (296kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2014101075-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (59kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2014101075-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (165kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2014101075-LAMPIRAN.pdf Download (532kB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk, (1) untuk lebih mengetahui mengenai implementasi perlindungan hukum terhadap pelaku usaha akibat wanprestasi yang dilakukan konsumen dalam pembayaran hutang di UD. Rudi Gosir Dan Eceran Desa Puhu, (2) untuk mengetahui mengenai tahap penyelesaian dari tindakan wanprestasi yang dilakukan konsumen dalam pembayaran hutang di UD. Rudi grosir dan eceran desa puhu. Jenis penelitian ini dengan menggunakan metode hukum empiris. Teknik penentuan sempel menggunakan purposive sampling. Subjek penelitian ini konsumen dan pelaku usaha UD. Rudi grosir dan eceran desa puhu. Objek penelitian ini adalah perlindungan hukum terhadap pelaku usaha akibat wanprestasi yang dilakukan konsumen dalam pembayaran hutang, serta lokasi penelitian pada penelitian ini adalah UD. Rudi grosir dan eceran desa puhu. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi dokumen, observasi dan wawancara. Data yang dikumpulkan dianalisi secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan, (1) implementasi perlindungan hukum terhadap pelaku usaha akibat wanprestasi yang dilakukan konsumen dalam pembayaran hutang di UD. Rudi grosir dan eceran belum terlaksana secara maksimal dikaranakan pihak UD. Rudi grosir dan eceran sebagai pelaku usaha belum sepenuhnya mendapatkan hak-haknya dari pihak konsumen serta kewajiban berdasarkan peraturan perundang-undangan belum sepenuhnya dijalangkan oleh pihak konsumen. Dan juga hal ini dikaranakan kuranganya pemahaman pengenai peraturan yang mencakup hal itu maupun dari pihak konsumen dan pelaku usaha belum sepenuhnya memahami akan peraturan tersebut, (2) penyelesaian dari tindak wanprestasi yang dilakukan konsumen dalam pembayaran hutang di UD. Rudi grosir dan eceran dilakukan secara non litigasi dengan dasar pertimbangan penyelesaian bernegosiasi secara kekeluargaan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konsumen, Perlindungan Hukum, Pelaku Usaha, Wanprestasi |
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan > Program Studi Ilmu Hukum (S1) |
Depositing User: | Detha Djoni Ariawan |
Date Deposited: | 03 Jul 2024 03:46 |
Last Modified: | 03 Jul 2024 03:46 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20262 |
Actions (login required)
View Item |