GINTING, DIOS KASPARI (2024) PENGGUNAAN FILM PENDEK KISAH INSPIRATIF DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERPEN DI KELAS IX.E SMP NEGERI 3 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (2012011018-COVER)
2012011018-COVER.pdf Download (924kB) |
|
Text (2012011018-ABSTRAK)
2012011018-ABSTRAK.pdf Download (29kB) |
|
Text (2012011018-BAB 1 PENDAHULUAN)
2012011018-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (125kB) |
|
Text (2012011018-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
2012011018-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (156kB) | Request a copy |
|
Text (2012011018-BAB 3 METODE PENELITIAN)
2012011018-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (206kB) | Request a copy |
|
Text (2012011018-BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
2012011018-BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (333kB) | Request a copy |
|
Text (2012011018-BAB 5 PENUTUP)
2012011018-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (47kB) | Request a copy |
|
Text (2012011018-DAFTAR PUSTAKA)
2012011018-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (101kB) |
|
Text (2012011018-LAMPIRAN)
2012011018-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Dengan desain penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian ini memiliki tujuan untuk (1) mendeskripsikan implementasi pembelajaran siswa kelas IX.E SMP Negeri 3 Singaraja dalam menulis teks cerpen dengan media film pendek kisah inspiratif, (2) meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX.E SMP Negeri 3 Singaraja dalam menulis teks cerpen dengan media film pendek kisah inspiratif, dan (3) mendeskripsikan respons peserta didik kelas IX.E SMP Negeri 3 Singaraja menggunakan film pendek kisah inspiratif pada pembelajaran menulis teks cerpen. Observasi, pengujian, dan kuesioner digunakan sebagai metode pengumpulan data dan teknik analisis data deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif digunakan untuk menganalisis data yang ditemukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pembelajaran melalui penggunaan media film pendek kisah inspiratif menekankan pada penyiapan media dan pengelolaan kelas yang baik, (2) penggunaan media film pendek kisah inspiratif dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membuat teks cerpen. Pada pra-tindakan peserta didik memperoleh skor rata-rata 60 dengan kategori cukup, sedangkan siswa memperoleh skor rata-rata 72,40 pada siklus I, dan pada siklus II siswa memperoleh skor rata-rata 85,28, (3) pemanfaatan media film pendek kisah inspiratif mendapat tanggapan yang baik dari peserta didik. Pada siklus I, rata-rata yang didapatkan adalah 25,28 dengan kategori sangat positif dan peningkatan ditemukan pada siklus II dengan kategori sangat positif sebesar 26,46.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media film pendek kisah inspiratif, keterampilan menulis, teks cerpen |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Dios Kaspari Ginting |
Date Deposited: | 04 Jul 2024 02:06 |
Last Modified: | 04 Jul 2024 02:06 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20271 |
Actions (login required)
View Item |