PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT INTERAKTIF TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPAS SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS III KUTA SELATAN TAHUN AJARAN 2023/2024

Sutika, Ni Komang Shita Damayanti (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT INTERAKTIF TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPAS SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS III KUTA SELATAN TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031244-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031244-ABSTRAK.pdf

Download (605kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031244-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (363kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031244-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (422kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031244-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (774kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031244-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (688kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031244-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (508kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031244-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (452kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031244-LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kompetensi pengetahuan IPAS siswa kelas V SD Negeri Gugus III Kuta Selatan yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation berbantuan media PowerPoint (2) untuk mengetahui kompetensi pengetahuan IPAS siswa kelas V SD Negeri Gugus III Kuta Selatan yang tidak dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation berbantuan media PowerPoint (3) mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation berbantuan media PowerPoint terhadap kompetensi pengetahuan IPAS pada siswa kelas V SD Negeri Gugus III Kuta Selatan tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini sebanyak 333 seluruh siswa kelas V SD Negeri Gugus III Kuta Selatan. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling dan diperoleh sampel yaitu siswa kelas V SD No. 9 Jimbaran sebagai kelas Eksperimen dan siswa kelas V SD No. 11 Jimbaran sebagai kelompok kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan tes objektif pilihan ganda. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis uji-t. Hasil analisis data dari kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation berbantuan media PowerPoint interaktif memperoleh nilai rata-rata 75,61 berada pada kategori sedang. Sedangkan, hasil dari kelompok siswa yang tidak dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation berbantuan media PowerPoint interaktif memperoleh nilai rata-rata 57,57 yang pada kategori rendah. Hasil analisis uji-t diperoleh t_hitung = 5,29 dan t_tabel = 2,005 pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 28 + 28 – 2 = 54. Hal ini menunjukkan bahwa t_hitung lebih dari t_tabel (5,29 > 2,005) sehingga H_0 ditolak dan H_a diterima yang berbunyi tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kompetensi pengetahuan IPAS siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation berbantuan media PowerPoint interaktif dengan kompetensi pengetahuan IPAS siswa yang tidak dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation berbantuan media PowerPoint interaktif. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation berbantuan media PowerPoint interaktif terhadap kompetensi pengetahuan IPAS pada siswa kelas V SD Negeri Gugus III Kuta Selatan tahun ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Group Investigation, PowerPoint Interaktif, Kompetensi Pengetahuan IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Komang Shita Damayanti Sutika
Date Deposited: 04 Jul 2024 00:59
Last Modified: 04 Jul 2024 00:59
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20288

Actions (login required)

View Item View Item