Pengembangan Video Pembelajaran Interaktif Pada Pokok Bahasan Fungsi Kuadrat Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa

Widiantari, Ni Luh (2024) Pengembangan Video Pembelajaran Interaktif Pada Pokok Bahasan Fungsi Kuadrat Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1713011056-COVER.pdf

Download (268kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1713011056-ABSTRAK.pdf

Download (95kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713011056-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (131kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713011056-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (276kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713011056-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713011056-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1713011056-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713011056-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (60kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1713011056-LAMPIRAN.pdf

Download (359kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan media pembelajaran berupa video pembelajaran serta mengetahui tingkat validitas, kepraktisan, dan keefektifan dari media yang dikembangkan. Video pembelajaran ini berperan sebagai media pembelajaran interaktif pada materi fungsi kuadrat untuk SMA kelas X. Prosedur pengembangan model didasarkan pada model 4D: define, design, develop, disseminate. Namun pada penelitian ini hanya sampai di tahap develop. Video pembelajaran yang dikembangkan dapat diakses melalui google classroom. Uji coba terbatas dilakukan pada 28 siswa di SMA Negeri 1 Bangli untuk mengetahui tingkat validitas, kepraktisan, dan keefektifan media. Diperoleh validitas dengan skor rata-rata 2,9 dari ahli materi dan ahli media dengan kriteria valid. Untuk kepraktisan diperoleh skor rata-rata 4,59 dari tanggapan guru dan siswa dengan kriteria layak. Serta keefektifan dari media dilihat dari ketuntasan klasikal siswa yaitu sebesar 85,7% pada hasil tes uji coba terbatas dengan kategori tuntas. Dari data yang diperoleh, video pembelajaran interaktif yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Ketika penggunaan media pembelajaran ini, siswa terlihat antusias dan aktif terutama saat menjawab soal. Karena pada video terdapat soal pilihan ganda yang harus siswa jawab dan terdapat feedback setelah siswa menjawab. Dari pemaparan tersebut, dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran pada bahasan fungsi kuadrat memenuhi kriteria sebagai media pembelajaran yang baik untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: video pembelajaran, fungsi kuadrat, model 4D
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: NI LUH WIDIANTARI
Date Deposited: 11 Jul 2024 11:47
Last Modified: 11 Jul 2024 11:47
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20425

Actions (login required)

View Item View Item