Martiningsih, Ni Made Sri (2024) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN LKPD ONLINE TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK BACAAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SMA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2229071006-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2229071006-ABSTRAK.pdf Download (666kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229071006-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229071006-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229071006-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229071006-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2229071006-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229071006-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2229071006-LAMPIRAN.pdf Download (24MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perbedaan keterampilan menyimak bacaan dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris Desain penelitian ini adalah pretest-posttest nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah kelas XI di SMA Negeri 1 Amlapura yang berjumlah sepuluh kelas. Sampel penelitian terdiri dari tiga kelas yaitu eksperimen 1 menggunakan model Discovery Learning Berbantuan LKPD Online, eksperimen 2 menggunakan model Discovery Learning, dan kelompok kontrol menggunakan model Direct Instruction. Data keterampilan menyimak dikumpulkan dengan menggunakan tes keterampilan menyimak bacaan yang memiliki indeks reliabilitas 0,738 dengan kategori tinggi. Data prestasi belajar dikumpulkan dengan menggunakan tes prestasi belajar bahasa Inggris yang memiliki indeks reliabilitas 0,778 dengan kategori tinggi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan uji Mancova yang dilanjutkan dengan uji least significant deference (LSD). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat perbedaan secara bersama-sama keterampilan menyimak bacaan dan prestasi belajar bahasa Inggris antara siswa yang belajar menggunakan pembelajaran discovery learning berbantuan LKPD online, model pembelajaran discovery learning, dan model direct instruction dengan nilai statistik multivariat sebesar 106,701 (p<0,05); 2) terdapat perbedaan keterampilan menyimak bacaan antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran discovery learning berbantuan LKPD online, model pembelajaran discovery learning, dan model direct instruction dengan nilai F sebesar 14,981 (p<0,05) dimana hasil uji LSD menunjukkan bahwa keterampilan menyimak siswa yang belajar dengan model Discovery Learning Berbantuan LKPD Online lebih baik dibandingkan dengan model Discovery Learning dan Direct Instruction; dan 3) terdapat perbedaan prestasi belajar bahasa Inggris antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran discovery learning berbantuan LKPD Online, model pembelajaran discovery learning, dan model direct instruction dengan nilai F sebesar 251,421 (p<0,05), dimana prestasi belajar bahasa Inggris siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan LKPD Online lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran Discovery Learning dan Direct Instruction.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Discovery Learning, LKPD Online, Keterampilan Menyimak Bacaan, dan Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PE English P Language and Literature > PZ Childrens literature T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Teknologi Pembelajaran (S2) |
Depositing User: | NI MADE SRI MARTININGSIH |
Date Deposited: | 15 Jul 2024 02:59 |
Last Modified: | 15 Jul 2024 02:59 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20519 |
Actions (login required)
View Item |