Pengaruh Model Inquiry-Based Virtual Lab terhadap Hasil Belajar, Kemampuan Berpikir Kreatif, dan Efikasi Diri Peserta Didik dalam Pelajaran Fisika di SMA

Kusuma, I Made Agus Arya Wijaya (2024) Pengaruh Model Inquiry-Based Virtual Lab terhadap Hasil Belajar, Kemampuan Berpikir Kreatif, dan Efikasi Diri Peserta Didik dalam Pelajaran Fisika di SMA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2229071007-COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2229071007-ABSTRAK.pdf

Download (749kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229071007-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229071007-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229071007-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229071007-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2229071007-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229071007-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2229071007-LAMPIRAN.pdf

Download (75MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis perbedaan hasil belajar fisika, kemampuan berpikir kreatif, dan efikasi diri antara peserta didik yang menggunakan model inquiry-based virtual lab (Inquiry-VL) dan peserta didik yang menggunakan model direct instruction-based virtual lab (DI-VL). Penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian pretest-posttest nonequivalent control group design. Penelitian ini melibatkan peserta didik kelas XI semester genap SMA Negeri 1 Amlapura Tahun Pelajaran 2023/2024, yang terdiri dari tiga kelas berjumlah 129 peserta didik. Sampel diambil secara acak menggunakan simple random sampling, di mana setiap kelas memiliki kesempatan yang sama untuk dipilih. Dua kelas dipilih secara acak dari populasi, satu kelas menjadi kelompok eksperimen yang belajar dengan model inquiry-based virtual lab (Inquiry-VL), sementara kelas lain menjadi kelompok kontrol yang belajar dengan model direct instruction-based virtual lab (DI-VL). Hasil belajar diukur menggunakan tes pilihan ganda diperluas, kemampuan berpikir kreatif diukur menggunakan tes uraian, dan efikasi diri diukur menggunakan kuesioner. Seluruh data penelitian dianalisis secara deskriptif dan kuantitatif menggunakan statistik MANCOVA dengan batas signifikansi 5%. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat perbedaan hasil belajar, kemampuan berpikir kreatif, dan efikasi diri secara simultan antara kelompok Inquiry-VL dan kelompok DI-VL; 2) terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelompok Inquiry-VL dan DI-VL, kelompok Inquiry-VL mencapai nilai rata-rata hasil belajar yang lebih tinggi dari pada kelompok DI-VL; 3) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif yang signifikan antara kelompok Inquiry-VL dan DI-VL, kelompok Inquiry-VL mencapai nilai rata-rata kemampuan berpikir kreatif yang lebih tinggi dari pada kelompok DI-VL; 4) terdapat perbedaan efikasi diri yang signifikan antara kelompok Inquiry-VL dan DI-VL, kelompok Inquiry-VL mencapai nilai rata-rata efikasi diri yang lebih tinggi dari pada kelompok DI-VL. Implikasinya bahwa untuk mencapai hasil belajar, kemampuan berpikir kreatif, dan efikasi diri yang lebih baik, pembelajaran fisika lebih akomodatif menggunakan model Inquiry-VL dibandingkan dengan model DI-VL.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: model inquiry-based virtual lab, model direct instruction-based virtual lab, hasil belajar, kemampuan berpikir kreatif, efikasi diri
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Teknologi Pembelajaran (S2)
Depositing User: I Made Agus Arya Wijaya Kusuma
Date Deposited: 15 Jul 2024 02:56
Last Modified: 15 Jul 2024 02:56
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20523

Actions (login required)

View Item View Item