Widiani, Ni Nyoman (2024) Pengaruh Metode Peta Konsep Berbantuan Multimedia Terhadap Keterampilan Menulis Cerpen dan Kreativitas Siswa Kelas X di SMAN 1 Selat. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2229071009-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2229071009-ABSTRAK.pdf Download (370kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229071009-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (391kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229071009-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (794kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229071009-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (708kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229071009-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (692kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2229071009-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (464kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229071009-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (694kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2229071009-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat: a) perbedaan keterampilan menulis cerpen dan kreativitas siswa secara bersama-sama antara siswa yang belajar dengan metode peta konsep berbantuan multimedia, metode peta konsep dan metode pembelajaran konvensional, b) perbedaan keterampilan menulis cerpen antara siswa yang belajar dengan metode peta konsep berbantuan multimedia, metode peta konsep dan metode pembelajaran konvensional dan c) perbedaan keterampilan kreativitas secara bersama-sama antara siswa yang belajar dengan metode peta konsep berbantuan multimedia, metode peta konsep dan metode pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Selat. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X yang terdiri dari 242 siswa dan tersebar di 7 kelas. Dari populasi tersebut, dipilih 3 kelas sebagai sampel dimana kelas X C diberikan perlakuan metode peta konsep berbantuan multimedia, kelas X D diberikan perlakuan metode peta konsep dan kelas X E diberikan perlakuan metode konvensional. Masing-masing kelas sampel terdiri dari 34 siswa sehingga jumlah total sampel adalah 102 siswa. Setelah sampel dipilih maka diberikan perlakuan selama 6 kali pertemuan. Untuk mengumpulkan data, ada empat instrumen utama yang digunakan, yaitu: rencana pelaksanaan pembelajaran, LKS, tes keterampilan menulis cerpen dan tes kreativitas. Data yang diperloleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan MANCOVA. Hasil analisis menunjukan: 1) terdapat perbedaan keterampilan menulis cerpen dan kreativitas siswa secara bersama-sama antara siswa yang belajar dengan metode peta konsep berbantuan multimedia, metode peta konsep dan metode pembelajaran konvensional (0,001<0,05), 2) terdapat perbedaan keterampilan menulis antara siswa yang belajar dengan metode peta konsep berbantuan multimedia, metode peta konsep dan metode pembelajaran konvensional (0,012<0,05) dan 3) perbedaan kreativitas antara siswa yang belajar dengan metode peta konsep berbantuan multimedia, metode peta konsep dan metode pembelajaran konvensional (0,001<0,05). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode peta konsep berbantuan multimedia berpengaruh signifikan terhadap keterampilan menulis cerpen dan kreativitas siswa baik secara simultan maupun parsial. Ini berimplikasi pada didorongnya penerapan metode peta konsep berbantuan multimedia untuk mengembangkan keterampilan menulis cerpen dan kreativitas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | peta konsep, multimedi, keterampilan menulis cerpen, kreativitas |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Teknologi Pembelajaran (S2) |
Depositing User: | NI NYOMAN WIDIANI |
Date Deposited: | 15 Jul 2024 06:17 |
Last Modified: | 15 Jul 2024 06:17 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20538 |
Actions (login required)
View Item |